RPP 1 Lembar SMP/MTs K13 Kelas 7,8,9 Revisi 2022

RPP 1 Lembar SMP/MTs K13 Kelas 7,8,9 Revisi 2022

Rancangan Rencana Pembelajaran (RPP) adalah elemen penting yang akan bantu guru berhasil dalam pembelajaran yang dilakukan. Sementara itu, perubahan kebijakan dari penggunaan RPP dengan 13 komponen pada umumnya menjadi 1 lembar tentunya membuat pendidik kebingungan cara membuat RPP 1 lembar ini. Untuk Artikel RPP lainya silahkan anda bisa kunjungi iRegWay.com

RPP 1 Lembar SMP/MTs K13 Kelas 7,8,9 Revisi 2022

Mungkin saat ini banyak dari Anda tenaga pendidik yang sedang mencari referensi untuk penyusunan RPP dengan format terbaru 1 lembar. Bagi orang awam pasti bingung apa itu RPP satu lembar? RPP satu lembar adalah rencana pelaksanaan pembelajaran untuk pegangan bagi seorang guru dalam mengajar diasuatu jenjang tertentu.

Secara prinsipnya RPP ini akan menjadi satu lembar hal ini merupakan peraturan Menteri Pendidikan Nadiem Makariem. Untuk Lebih Jelas Silahkan lihat cara menyusun RPP 1 Halaman. Untuk Materi Soal dan kunci jawaban anda bisa kunjungi GaleriIlmu.id

Pemberlakuan ini juga secara administrative akan bisa memudahkan seorang tenaga pendidik untuk memberikan pengajaran kepada murid karena lebih sederhana dan simple. Tetapi tidak dipungkiri juga ada timbul masalah bagaiamana guru mampu mengelola kelas yang diajarnya hanya dengan  menggunakan RPP satu lembar tersebut.

Meskipun hanya menggunakan RPP satu lembar guru juga diharapkan dapat mengembangkan dan menyampaikan ilmunya kepada siswa. Disini seorang tenaga pendidik dituntut untuk lebih kreatif dan mampu mengembangkan ide dan materi pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa.

Jika sebelumnya ada 13 komponen yang harus ada dalam RPP 1 lembar SMP dan tentunya hal ini akan mengahabiskan ratusan lembar kertas dalam pembuatannya maka adanya pertauran baru ini memberikan solusi dengan RPP dibuat sendiri dengan model dan cara sesuai dengan kemampuan dan gaya guru masing-masing dalam mengajar.

Sebenarnya kemendikbud belum pernah membagikan permendikbud tentang format baku yang akan digunakan dalam penyusunan format RPP 1 Lembar SMP yang baku. Jadi dalam penyusunannya tidak ada format remsi dari pemerintah.

Cara Membuat RPP 1 Lembar SMP

Karena format Membuat RPP 1 Lembar untuk jenjang SMP tidak ada format yang baku maka tingkat kreatifitas dan pengetehuan tenaga pengajara memang juga diperhitungkan. Mengingat dalam sistem pembelajran sekarang mengharuskan seorang tenaga pendidik harus bisa mengkombinasikan cara mengajar yang tidak monoton serta dengan menggabungkan beberapa jenis pengajaran agar materi yang di sampaikan pada siswa dapat berjalan sesuai dengan tujuan awal mengajar dan hasil yang diharapkaan juga akan maksimal.Unduh Juga : RPP Daring SMP Semua Mapel Kelas VII-VIII-IX

Sebagai contoh dalam membuat RPP 1 Lembar SMP dengan materi pokok Sistem reproduksi pada manusia, dengan sub materi Pembelahan Sel Mitosis dan Meiosis. Materi ini diajarkan pada kelas IX pada semester 1 dengan jumlah waktu yang tersedia 2 x 40 menit atau 2 jam pelajaran.

Pada tujuan pembelajaran dituliskan, melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model problem based learning dipadukan dengan metode mind mapping.

Peserta didik diharapkan a) mampu mendiskripsikan fase pembelahan meitosis dan meiosis, b) menjelaskan setiap fase pembelahan baik meitosis dan meiosis, c) peserta didik juga wajib mampu menjelaskan sifat sel anakan dari hasil pembelahan mitosis dan meiosis.

Dengan rasa ingin tahu yang dimiliki oleh setiap anak didik berupa sikap kreatif, percaya diri, responsive, pro-aktif, serta mampu berkomunikasi dan kerjasama dengan baik.

Manfaat RPP 1 Lembar

Dalam RPP 1 Lembar SMP Kelas VII, VIII dan IX ini mempunyai banyak keuntungan yaitu guru dibebaskan dari administrasi RPP sebelumnya yang mungkin tingkat ketebalan setiap penyusunan RPP ini sampai beratus ratus lembar. Seorang tenaga pendidik juga akan leluasa membuat format lesson plan yang paling disukai dan dirasa mampu diterima oleh banyak murid sesuai dengan mata pelajaran dan karakteristiknya.

Kebijakan untuk mengubah RPP 1 Lembar SMP dari peraturan pemerintah ini memberikan banyak manfaat yang diterima baik oleh tenaga pendidik maupaun oleh siswa yang sedang belajar. Selain akan menghemat kertas administrasi bagi tenaga pengajar akan diberikan keleluasaan pengajaran sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan kondisi siswa. Semoga informasi ini bermanfaat, selamat belajar.

3 Komponen RPP 1 Lembar SMP/MTs Revisi 2022

Pada dasarnya, komponen inti yang harus termuat dalam RPP 1 lembar yang dibuat pendidik adalah tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen atau penilaian. Berikut ini adalah penjelasan masing-masing unsur tersebut.

Tujuan pembelajaran

Tujuan dilakukannya pembelajaran menjadi salah satu komponen terpenting yang harus ada dalam RPP 1 Lembar SMP Kelas 7,8,9 Revisi Terbaru yang dibuat. Hal ini karena tujuan pembelajaran akan mempengaruhi strategi atau metode yang akan diambil guru dan materi pembelajaran yang akan dipelajari selama Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung.

Nah, seperti apa tujuan pembelajaran yang wajib ada dalam RPP? Perumusan tujuan pembelajaran ini dilakukan dengan berdasar pada kompotensi dasar yang diambil. Sementara redaksi penulisannya yakni menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diobservasi. Umumnya, tujuan pembelajaran ditulis dengan awalan: peserta didik mampu ....

Kegiatan pembelajaran

Komponen kedua yang harus ada dalam RPP 1 Lembar SMP Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 adalah kegiatan pembelajaran. Komponen ini berisi tentang langkah-langkah pembelajaran menggunakan metode pembelajaran tertentu. Umumnya, pada komponen ini ditulis mengenai rencana yang akan dilakukan pada tahap pendahuluan, inti, dan penutup atau akhir pembelajaran.

Komponen kegiatan pembelajaran ini akan menggambarkan bagaimana kegiatan pembelajaran akan dilaksanakan, mulai dari guru masuk kelas hingga kelas diakhiri dengan doa dan salam. Standar penyederhanaan rencana pembelajaran ini dilakukan dengan tidak menghilangkankan komponen yang 1 ini, namun mengubah redaksinya menjadi lebih efisien.

Penilaiain Pembelajaran/Asesmen

Dan komponen terakhir yang vital dan harus ada dalam RPP 1 Lembar SMP/MTs K13 Semester 1 dan 2 adalah asesmen. Komponen ini berisi tentang berbagai kegiatan yang akan dilakukan pendidik untuk menilai proses dan hasil belajar yang diperoleh murid. Asesmen ini meliputi penilaian untuk ranah afektif, kognitif, dan tentu saja psikomotorik. Asesmen ini bisa dilakukan pendidik dengan jurnal sikap, lembar observasi, penugasan dan lain sebagainya.

Dalam Penyudunan RPP 1 Lembar PJOK 5 MI Semester 2 Revisi 2022 kurikulum 2013 secara efesien dan efektif dilaksanakan agar guru memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran. Selengkapnya silahkan download di bawah ini;

Itulah Kumpulan perangkat lengkap RPP 1 Lembar SMP/MTs K13 Kelas 7,8,9 Revisi 2022 sudah mengacu pada Buku saku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 untuk seluruh jenjang Pendidikan Indonesia.

Jika RPP satu Halaman ini bermanfaat silahkan di bagikan ke Bapak/Ibu Guru yang lainnya agar kebaikan ini tidak hanya sampai di tangan anda. Sukron dan Semoga Bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url