Cara Membuat Blog Untuk Pemula Terbaru 2022

Cara Membuat Blog Untuk Pemula

Cara Membuat Blog Untuk Pemula di tahun  2022, Meningkatnya kebutuhan informasi di internet mempengaruhi kehadiran berbagai blog baru dengan niche dan topik yang disesuaikan dengan pasar digital. 

Sehingg blog menjadi salah satu media yang sangat bermanfaat karena berisi informasi, ide, gagasan, opini, fakta, dan berita. Banyak orang yang menganggap blog bisa menghasilkan uang dengan cepat sehingga tidak heran banyak pendatang baru di dunia blog yang mencari tahu cara membuat blog untuk pemula. baca juga Wanita Ini Berpenghasilan Rp70 Miliar dari Blog Gratisan

Sebelum membuat blog, kamu wajib memahami terlebih dahulu definisinya. Blog merupakan jenis website yang biasanya berisi konten tulisan, gambar, audio, dan video dengan niche atau tema tertentu. Konten pada blog juga bisa disebut dengan artikel, nantinya konten atau artikel yang ditulis harus melewati berbagai strategi dan tahapan supaya bisa terindeks di search engine. Untuk memahami lebih detail, kami sudah merangkum cara membuat blog untuk pemula secara lengkap melalui blogger atau wordpress.

Cara Membuat Blog, Berikut Persiapannya

Cara buat blog bagi pemula memang sangat mudah, namun setidaknya kamu harus punya konsep terlebih dahulu. Konsep tersebut mencakup alasan membuat blog, daya tarik yang ingin ditampilkan, dan sebagainya. 

Hal tersebut dikarenakan banyak sekali pemula yang melakukan kesalahan sejak awal saat membuat blog dan akhirnya ditinggalkan begitu saja karena tidak menghasilkan keuntungan seperti yang diharapkan. 

Lalu sebenarnya apa saja amunisi yang perlu disiapkan sebelum membuat blog, kami telah merangkum beberapa hal yang bisa menjadi referensi kamu sebagai persiapan cara bikin blog untuk pemula. 

Persiapan ini akan membantu pemula untuk tetap di jalur yang sudah ditentukan sejak awal dan konsisten dalam mengembangkan blognya dengan proses dan kemampuan yang dimiliki:

1. Tujuan membuat blog, hal yang harus dipersiapkan pertama kali saat kamu ingin membuat blog yaitu tujuan. Tujuan ini nantinya akan menentukan niche blog dan postingan artikel. Beberapa tujuan membuat blog antara lain yaitu untuk media informasi, bisnis perusahaan, media marketing atau promosi, hobi, dan sebagainya

2. Menentukan domain dan niche konten, setelah kamu membuat tujuan maka selanjutnya yaitu menentukan judul blog yang disebut juga dengan domain serta niche konten yang ingin ditulis. 

Keterkaitan nama domain dengan niche konten akan membuat blog kamu tampak semakin profesional, meskipun ada beberapa blog yang menggunakan nama pribadi atau perusahaan itu tidak masalah karena sifatnya general

3. Skill SEO basic, tips cara membuat blog yang seringkali dilupakan oleh pemula yaitu skill SEO dasar. Dengan skill ini, kamu akan mampu mengembangkan blog dengan lebih baik dengan berbagai strategi untuk meningkatkan traffic, cepat terindeks google, konten berkualitas, dan lain-lain

4. Tentukan siapa yang ingin mengisi konten, kamu perlu memperhatikan hal ini karena akan mempengaruhi kredibilitas blog kamu untuk jangka panjang. Tentukan apakah kamu sendiri yang akan mengisi konten setiap hari secara konsisten atau perlu membayar content writer dan menyiapkan modal yang cukup.

5. Pilih platform yang sesuai untuk membuat blog, persiapan selanjutnya yaitu pilihlah platform yang sesuai untuk membuat blog. Secara umum, ada dua platform yang bisa dipilih yaitu blogger dan wordpress. Kedua platform ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang akan kami bahas selanjutnya

Cara Membuat Blog Pribadi Untuk Pemula

Tahukah kamu bahwa jenis blog terbagi menjadi 3 berdasarkan tujuannya yaitu blog pribadi, blog profesional, dan blog bisnis atau perusahaan. Blog pribadi atau disebut juga dengan blog personal biasanya dimanfaatkan sebagai media informasi dan berbagi daily life, pengalaman, serta jurnal harian yang bisa dibaca oleh semua orang. 

Blog pribadi semacam ini tentunya berbeda dengan blog profesional dan blog perusahaan yang tujuannya lebih ke branding.

Namun, jangan salah sangka dulu karena banyak blog pribadi yang mencapai kesuksesan misalnya blog The Naked Traveler milik Trinity, TMCBlog milik Taufik Hidayat, Maxmanroe milik Marikxon Manurung, dan masih banyak lagi. 

Jika kamu tertarik untuk membuat blog pribadi maka caranya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan membuat blog profesional maupun perusahaan.

Cara Membuat Blog Gratis 

Cara buat blog gratis bisa dengan dua cara yaitu lewat WordPress maupun blogger. Sebenarnya membuat blog pasti gratis di awalnya, namun ketika kamu perlu fitur dan layanan tambahan tentunya harus mengeluarkan biaya sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, kamu butuh tema yang user friendly untuk blog, domain yang bagus, layanan hosting, dan sebagainya. Berikut ini cara membuat blog gratis yang mudah dan bisa kamu ikuti:

1. Cara Membuat Blog di HP (Wordpress)

Cara bikin blog yang pertama yaitu menggunakan platform Wordpress yang bisa kamu operasikan melalui smartphone atau HP. Cara ini masuk dalam kategori tutorial dasar untuk membuat blog di HP dengan Wordpress. 

Untuk tutorial lebih lengkapnya akan kami sajikan pada pembahasan selanjutnya, berikut adalah cara membuat blog di HP dengan Wordpress:

  • Download aplikasi Wordpress dan instal 
  • Buka aplikasi wordpress dan klik sign up for Wordpress.com
  • Pilih sign up with google atau sign up with email
  • Pilih satu akun email yang ingin digunakan
  • Masukkan display name dan username sesuai keinginan
  • Jika sudah klik continue
  • Akunmu sudah jadi, pilih add new site
  • Klik create wordpress.com site
  • Pilih topik yang ingin dibuat, pilihlah blog
  • Pada halaman what will your blog about bisa di skip
  • Lalu isi judul blog dan tagline (masih bisa diubah)
  • Tentukan url blog kamu dan klik create site
  • Blog wordpress kamu sudah jadi

2. Cara Membuat Blog Pribadi di Laptop (Wordpress)

Cara selanjutnya yaitu kamu bisa membuat blog pribadi di laptop melalui platform WordPress dengan sangat mudah. Tutorialnya sudah kami rangkum sebagai berikut:

  • Buka browser chrome dan ketik buat blog di Wordpress atau bisa langsung klik link berikut https://wordpress.com/id/
  • Klik tombol buat situs web dan isi semua data yang diperlukan pada kolom yang tersedia
  • Setelah sesuai, klik tombol buat blog
  • Nantinya, pihak Wordpress akan mengirimkan email verifikasi
  • Klik link email tersebut dan halaman dashboard blog sudah berhasil dibuat
  • Personalisasi blog dan jangan lupa pasang plugin yang dibutuhkan

3. Cara Membuat Blogspot di HP dan Laptop

Cara membuat blogspot gratis juga bisa kamu lakukan melalui blogspot yang tentunya memiliki fitur dan layanan yang cukup lengkap bagi pemula. Jika kamu ingin membuat blog dengan blogspot maka berikut adalah tutorial yang sudah kami rangkum dan bisa kamu ikuti melalui HP dan laptop:

Cara Membuat Blogspot

  • Download aplikasi blogger di smartphone atau langsung akses websitnya www.blogger.com
Cara membuat Blog Di Blogger
  • Klik langsung create your blog dan sign up dengan email yang kamu miliki
  • Kami sarankan untuk menggunakan email khusus yang disesuaikan dengan nama blog atau nama domain
Cara Membuat blog di HP
  • Jika sudah berhasil masuk, edit dan lengkapi profil di kolom yang tersedia
  • Kemudian tulislah alamat blog dan judul blog kamu
  • Jangan lupa untuk mendesain blogger dan tampilan blog kamu pada menu layout dan tampilan. Jika anda ingin tampilan web anda jadi lebi menarik saya sarankan anda memaki produk template gratis dari Jettheme dengan cara mengunjungi website resminya di JetTheme.com anda bisa pakai versi gratis maupun premium.  sedangkan versi gratisnya sudah sangat super duper mantap apalagi yang versi premiumnya yang tergolong sangat murah meriah buat blogger pemula
  • Sesuaikan juga pengaturan lainnya dan posting konten atau artikel kamu

4. Contoh Blog Pribadi yang Populer

Mungkin kamu berpikir bahwa blog pribadi tidak memiliki peluang dan potensi untuk mendapatkan keuntungan dan menaikkan traffic. Padahal, jika menggunakan strategi yang tepat, blog pribadi kamu akan mendapatkan target audiens yang diinginkan serta merawat keuntungan yang tidak sedikit. Berikut ini adalah contoh blog pribadi yang populer dan saat ini masih eksis:

  • Blog sugeng.id
  • Blog Kompi Ajaib
  • Blog Igniel
  • Blog Agus Mulyadi
  • Blog Trinity Traveler
  • Blog Gari Cruze
  • Blog Anak Jajan
  • Blog Everywhereist
  • Blog Robby Leonardi
  • Blog Diana Rikasari
  • Blog Sudut Pandang
  • Blog Minimalist Baker
  • Dll

Cara Membuat Blog di Wordpress Terbaru 2022 

WordPress menjadi salah satu platform CMS yang bisa digunakan untuk membuat sebuah blog secara personal maupun profesional. Wordpress seringkali dipilih karena bisa digunakan secara gratis dan bebas untuk di personalisasi. Jangan terlalu serius bacanya hehe

Ditambah lagi, blog atau website yang tersebar di internet mayoritas menggunakan Wordpress. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali materi dan tutorial WordPress sangat mudah ditemukan di internet maupun YouTube.

Jika sebelumnya, kami telah memberikan uraian singkat tentang cara membuat blog pribadi di HP dan cara membuat blog pribadi di laptop dengan Wordpress maka pada bagian ini kami akan memberikan tutorial secara lengkap agar kamu lebih memahami tentang cara buat blog gratis dan mudah melalui platform Wordpress:

Cara Membuat Wordpress

Kami sarankan sebelum membuat blog dengan Wordpress maka gunakanlah laptop atau pc yang lebih mudah untuk dioperasikan. Meskipun, cara membuat blog di WordPress bisa dilakukan melalui smartphone namun fitur dan layanan yang sangat terbatas sehingga akan sangat sulit untuk dioperasikan. Berikut adalah tutorial cara membuat WordPress hingga menjadi sebuah blog atau website yang bisa tampil di search engine:

  1. Langkah pertama yaitu mendaftar akun WordPress terlebih dahulu dengan PC atau laptop, klik link berikut https://wordpress.com/
  2. Setelah itu kamu bisa membuat nama domain yang sesuai dengan blog kamu, jika kamu masih pemula maka bisa memilih nama domain yang disediakan secara gratis
  3. Kemudian setelah menemukan nama domain yang cocok maka kamu akan diarahkan untuk berlangganan layanan, jika ingin gratis maka kau bisa klik tulisan start with free site
  4. Jika sudah selesai maka kamu bisa membuat blog dengan memulai menyeting beberapa komponen seperti site title, icon, tagline blog, dan sebagainya agar terlihat lebih menarik
  5. Jangan lupa juga untuk mengatur tata letak serta tema blog di Wordpress di menu appearance
  6. Jika sudah sesuai, kamu bisa memposting artikel atau konten dengan cara klik menu posts dan masukkan judul konten, isi konten, meta description, dan lain-lain
  7. Kemudian jangan lupa untuk mengatur halaman pada menu pages, di sini kamu bisa membuat berbagai sitemaps dan halaman tambahan lainnya
  8. Jika sudah selesai maka kamu mengecek tampilan blog dengan cara klik preview di menu dropdown
  9. Jika sudah sesuai maka publish blog dengan cara klik visit site yang berada di bagian pojok kanan atas lalu klik launch site
  10. Selamat blogmu sudah launching !

Cara Membuat Blog di Blogger

Selanjutnya, cara membuat blog di blogger bisa menjadi cara kedua yang bisa kamu gunakan sebagai cara membuat blog untuk pemula. Fitur dan layanan pada blogger bisa dibilang sangat sederhana namun lengkap sehingga dapat memenuhi kebutuhan pengguna entah itu pemula maupun profesional. Blogger sendiri merupakan platform yang dirilis oleh Google serta bisa digunakan secara gratis untuk mengelola semua aktivitas blogging.

Berbagai kelebihan akan kamu nikmati dengan menggunakan blogger diantaranya yaitu biaya yang sangat terjangkau serta fasilitas yang sudah lengkap. Integrasi blogger di desain secara sederhana untuk kemudahan aksesibilitas pengguna. Selain itu, blogger juga menyediakan tingkat keamanan yang cukup kita proteksi serta kamu juga bisa menambahkan domain custom pada blogger. Jika kamu tertarik berikut adalah tutorial cara membuat blog di blogger:

  1. Kami sarankan jika kamu ingin membuat blog di platform blogger maka gunakanlah PC atau laptop agar setting dan operasionalnya berjalan dengan lancar
  2. Jika sudah maka klik link berikut https://www.blogger.com/ pada browser chrome 
  3. Setelah itu klik create your blog, pilihlah akun Google yang ingin kamu gunakan
  4. Lengkapi blog list pada kolom yang tersedia seperti judul blog dan alamat blog
  5. Jika sudah selesai maka klik tombol create blog dan blog kamu sudah berhasil dibuat
  6. Kemudian kamu akan melihat tampilan dashboard blogger milikmu
  7. Untuk melihat tampilan blog maka klik view blog yang berada di sebelah kiri bawah dashboard
  8. Sebelum melakukan posting atau publish artikel maka kami sarankan untuk melakukan setting tampilan terlebih dahulu pada menu tema, layout, pages, dan sebagainya
  9. Jika sudah sesuai maka kamu bisa melihat tampilan blog dengan klik view blog, jika sudah sesuai maka kita ke langkah selanjutnya
  10. Langkah selanjutnya kamu bisa langsung memposting artikel dengan klik menu new post
  11. Lengkapi berbagai bagian yang ada pada halaman edit seperti mengisi judul, meta deskripsi, tag, dan sebagainya
  12. Jika artikel sudah selesai maka klik preview, jika sudah sesuai maka klik publish
  13. Jika kamu ingin mengatur setting lainnya, disarankan untuk eksplorasi dan melihat tutorial di YouTube 
  14. Selesai

Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang

Setelah kamu memahami pembahasan yang kami sajikan tentang cara membuat blog untuk pemula melalui blogger maupun WordPress. Selanjutnya kami akan memberikan informasi bagaimana mengoptimalkan sebuah blog gratis agar bisa menghasilkan uang dan keuntungan. Sebagian dari pemula biasanya mengincar blog sebagai pendapatan aktif maupun pasif sehingga berikut adalah beberapa cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang:

  • Kamu bisa membuat blog di platform blog yang terbaik dan sesuai kebutuhan seperti blogger atau wordpress yang caranya sudah kami rangkum di atas
  • Buatlah konten atau artikel yang menarik dan bermanfaat bagi banyak orang, ciptakan daya tarik blog milikmu sendiri
  • Meningkatkan konten yang SEO friendly dan user friendly, usahakan konten organik dan tidak plagiasi
  • Jangan lupa untuk share blog kamu di media sosial, selipkan kata-kata persuasif yang mungkin bisa menarik audiens untuk membaca
  • Konsisten dalam membuat konten dan tetap menjaga kepercayaan audiens terkait kualitas konten dan informasi yang kamu berikan
  • Mulai menentukan untuk memonetisasi blog melalui Google adsense, endorsement, afiliasi, jasa iklan, marketing produk, webinar, dan event lainnya. bicara soal adsense anda wajib mengetahui Daftar Negara dengan CPC Google AdSense Tertinggi di Tahun 2022 agar anda bisa mengoptimalkan penghasilan anda

Cara Membuat Blog yang Menarik

Cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang tentu tidaklah mudah dan harus melalui berbagai strategi marketing serta optimalisasi konten. Namun, ada hal lain yang kadang dilupakan oleh seorang blogging yaitu membuat blog yang menarik dari segi penggunaan hingga visualisasi. Oleh karena itu, kami memberikan sedikit rangkuman yang bisa membantu cara membuat blog yang menarik dan bisa menghasilkan cuan:

  • Buatlah konten viral, trending, atau konten sepanjang masa
  • Desain blog kamu lebih kreatif agar nyaman dilihat dan dikunjungi
  • Pastikan loading blog tidak memakan waktu lama, carilah tema yang ringan
  • Atur tata letak konten dengan lebih simpel sehingga lebih rapi dan bersih
  • Hindari meletakkan posisi iklan yang bisa menghalangi konten
  • Gunakan tema atau template blog yang user friendly dan SEO friendly
  • Mengoptimalkan gambar pada setiap konten 
  • Lengkapi bagian konten seperti daftar isi, waktu posting, dan sebagainya
  • Dll

Blogger Indonesia yang Menghasilkan Uang Dari Blog

Sebagai pemula, pastinya kamu perlu cari inspirasi dari orang-orang yang sudah handal di bidangnya terutama dalam dunia blogging dan website. Ada banyak sekali blogger Indonesia yang sudah mencapai kesuksesan dan menghasilkan uang tentunya. Para blogger Indonesia ini bisa kamu jadikan inspirasi dan motivasi untuk terus mengembangkan blog dan tidak pantang menyerah jika mengalami kegagalan. Berikut artikel yang menarik untuk anda baca dan jadikan motivasi Mais Nurdin : Wisuda Dari Hasil Google Adsense, Kok Bisa?

Dari berbagai macam blogger Indonesia sukses, kami sudah merangkum 3 blogger Indonesia yang terkenal dan dan populer berdasarkan konten, skill, dan pengaruhnya dunia blogger tanah air. Tiga blogger berikut yaitu Sugeng Riyadi dengan nama blog sugeng.id, admin Adi Suryadi dengan nama blog kompi ajaib, dan Igniel dengan nama blog Igniel.com. berikut ini ulasan lengkapnya yang bisa kamu jadikan referensi dan inspirasi.

3 Blogger Indonesia yang Terkenal di Indonesia 

3 Blogger Indonesia yang Terkenal di Indonesia

Sebenarnya blogger Indonesia yang terkenal sangat banyak sekali, versi urutan blogger terkenal pun sangat relatif. Hal tersebut dikarenakan setiap blogger memiliki jalan konten dan masing-masing yang ditentukan dari niche dan topiknya. Sehingga semua blogger yang mampu mengalahkan rasa takut dan tidak menyerah pada kegagalan adalah blogger yang sukses dan inspiratif, diantara tiga blogger berikut ini:

1. Sugeng.id

Screenshot Web Sugeng.id
Screenshot Web Sugeng.id

Sugeng Riyadi adalah sosok di balik blog sugeng.id yang juga sering disapa dengan mas Sugeng. Dia adalah seorang blogger yang akrab dengan template blogger populer yang khas serta sering membagikan wawasan dan informasi yang sangat bermanfaat. Cakupan informasi yang biasa diberikan oleh masukan antara lain penulisan konten, adsense, SEO, serta sosial media. Sugeng Riyadi merupakan blogger inspiratif yang dikenal tidak pelit ilmu dan sering menjadi andalan para blogger jika ada kesulitan dalam hal apapun.

2. Kompiajaib

Screenshot Web KompiAjaib.com
Screenshot Web KompiAjaib.com

Masih seputar blogger Indonesia yang terkenal selanjutnya yaitu kompi ajaib milik Adhy Suryadi atau disapa kang Adhy Suryadi. Blog miliknya sangat bermanfaat karena memberikan informasi menarik seperti trik blogging, SEO, CSS, dan masih banyak lagi. Kang Adhy juga ternyata dikenal melalui template yang unggul untuk SEO friendly yang bisa berpotensi menaikkan traffic, kamu bisa mengunjungi blognya di kompiajaib.com 

3. Igniel.com

Screenshot Web Igniel.com
Screenshot Web Igniel.com

Satu lagi blog terkenal yang bisa kamu jadikan inspirasi terutama bagi blogger pemula yaitu igniel.com. Igniel merupakan seorang blogger yang profesional dan sudah berselancar cukup lama di dunia blogging sehingga tips yang diberikan cukup worth it bagi pemula seputar kode pemrograman kode html blog, trik dan tips blogging, dan masih banyak lagi. Semuanya dibungkus dengan tulisan yang sangat nyaman dan jelas untuk dibaca.

Next Post Previous Post
1 Comments
  • Garing
    Garing 5 Oktober 2022 pukul 20.43

    Hellooo... Terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat. Bagi yang lagi belajar blogger bisa nih dijadiin referensi. Jangan lupa kunjungi laman web kampus kami tercinta walisongo.ac.id

Add Comment
comment url