Wanita Ini Berpenghasilan Rp70 Miliar dari Blog Gratisan

Wanita Ini Berpenghasilan Rp70 Miliar dari Blog Gratisan

Mungkin tidak akan pernah ada yang menyangka bahwa sebuah blog gratisan milik Blogspot, bisa membuat seorang wanita menjadi kaya raya. Apalagi blog itu tidak didesain secantik dan semenarik mungkin, pun dioptimasi dengan tehnik SEO super canggih.

Tapi, itu semua tidak berlaku bagi seorang Linda Ikeji. Wanita asal Nigeria ini berhasil mematahkan prediksi orang-orang bahwa blogger gratisan tidak akan bisa menghasilkan banyak uang.

Buktinya ia bisa meraup kekayaan sampai N1.1 Miliar Kobo (mata uang Nigeria) atau setara dengan Rp70 miliar dengan kurs Rp6.425 untuk N100 dari blog gratisannya. Kekayaan itu datang dari sebuah blog yang bisa dikata, jauh dari kesan bagus. Jika tak percaya kunjungi saja blognya di http://www.lindaikeji.blogspot.com/.

Beberapa blogger Indonesia bekerjsama sudah pernah membicarakan kesuksesan Linda. Namun sangat minim informasi, dari mana bekerjsama Linda menghasilkan uang sebanyak itu.
  
Bungmais.com berhasil mendapatkan informasi bahwa Linda Ikeji yaitu seorang blogger yang meraih sukses tanpa unsur kesengajaan. Kesuksesannya pun tidak di dapat secepat kilat. Butuh waktu  lima tahun, sampai kesudahannya ia mendapat penghasilan.

Jika sebelumnya 10 Blogger Murni Berpenghasilan Terbesar di Dunia, Linda Ikeji bisa dikata lebih pantas menyandang predikat itu. Kesepuluh orang yang sukses dalam dunia blog itu, telah menjalankan blog dari banyak sekali flatform dan menggunakan Top Level Domain (TLD).

Sedangkan Linda hanya menggunakan domain gratis milik Google yakni Blogspot dan itupun hanya ada satu buah. Wow....

Siapa Sebenarnya Linda Ikeji?

Hingga 2010, orang-orang masih belum kenal siapa itu Linda Ikeji? Ia gres menjadi perbincangan, khususnya di Nigeria pada awal 2011 setelah berhasil mendulang sukses dengan penghasilan sampai Rp300 juta dalam sebulan. Kisahnya, menyerupai kilat, dengan cepat tersebar dan menginspirasi banyak orang.

Linda Ikeji mulai membangun blog pada tahun 2006. Awalnya, ia sama sekali tidak membayangkan akan sesukses dikala ini. Sebelum memulai menjadi blogger, ia yaitu seorang model dan juga jurnalis selama delapan tahun. Hingga kesudahannya ia merasa profesi itu tidak merubah kehidupannya.

Di negaranya, Linda juga dikenal sebagai seorang aktivis. Telah banyak kasus kesenjangan sosial di benua hitam itu yang ia dampingi. Mulai dari kasus pembunuhan yang tidak kelar-kelar, sampai kasus salah tangkap dengan tuduhan pencurian.

Dia juga dikenal sebagai wanita filantropi yang sangat tinggi menaruh perhatian pada kasus Ebola di Afrika. Pada tahun 2014 lalu, ia menyumbang sejumlah uang untuk penanganan kasus Ebola.

Dia juga merupakan anggota Alumni Future Awards. Dimana pada tahun 2012, ia memenangkan penghargaan untuk kategori Young Personality of the Year, dan pada tahun 2014, ia kembali mendapat dua penghargaan yakni Outstanding Blogger of The Year dan Best Gossip & Gist Blog at the Media Broad Awards.  

Kisah suksesnya menjalankan sebuah blog telah mengantarnya menjadi wanita muda yang besar lengan berkuasa di Nigeria. Ia telah sukses menggerakan banyak kalangan muda Nigeria dari pengangguran menjadi punya banyak kegiatan, salah satunya menjadi blogger.

Kisah Perjalanan Linda Ikeji Menjadi Sukses

Seperti dirinya, orang-orang pun tidak menyangka bahwa menjadi blogger dengan platform gratisan bisa merubahnya menjadi miliarder. Linda memulai menjalankan blog di 2006 dengan konsisten dan ulet. Hingga memasuki tahun 2007, pengunjung blognya masih sangat minim.

Namun blog yang ia namai menyerupai namanya sendiri kesudahannya berpenghasilan pertama kali di Agustus 2010. Seseorang telah mengiriminya pesan melalui email dan bertanya berapa harga yang ia berikan untuk sebuah slot iklan di blognya.

Layaknya blogger awam, ia juga kebingungan dan kesudahannya bertanya kesana kemari soal pertanyaan dari email tersebut. Dan mulai dari situlah, proposal iklan datang silih berganti setelah ia berkonsultasi dengan sobat seprofesinya sebagai blogger.

Linda mendapatkan segala jenis bentuk iklan. Dia pun tidak melaksanakan pemasaran khusus untuk mendapatkan iklan. Hanya ada satu slot di bab sidebar blognya yang memasang informasi cara untuk beriklan. Walau demikian, proposal iklan ke Linda makin hari makin banyak.

Hingga 17 Februari 2015, perkiraan harga slot iklan di blog Linda sebagai berikut;

  • Iklan di bab header (ukuran 728x90) selama satu bulan dihargai N950.000 atau Rp61 juta. 
  • Sidebar kanan kiri, bab atas (ukuran 200x300 dan 160x600) selama satu bulan seharga N500.000 atau Rp32 juta.
  • Sidebar kanan kiri bab bawah (ukuran 200x300 dan 160x600) selama satu bulan seharga N400.000 atau Rp25 juta. 
  • Iklan dalam bentuk postingan atau review dihargai N50.000 atau Rp3,2 juta untuk satu postingan. 
  • Sementara untuk iklan background yang paling mahal. Untuk pemasangan satu ahad dihargai N550.000 atau Rp35 juta dan pemasangan satu bulan seharga N1,6 juta atau Rp102 juta. 

Selain penghasilan dari slot iklan independen, Linda juga telah memasang iklan Google Adsense. Namun, penghasilannya di Google Adsense tidak dilansir.

Para pemasang iklan di blognya Linda pun bukan perusahaan ecek-ecek, bisa dilihat mulai dari Visa sampai Intel Inside memasang bannernya di sana. Sungguh suatu pencapaian yang luar biasa.

Naik Turun Kesuksesan Linda Ikeji

Layaknya sebuah usaha, tidak selamanya berjalan mulus. Linda pun demikian dalam menjalankan blognya. Selain harus banting tulang selama lima tahun tanpa penghasilan, blog Linda juga sempat di banned oleh Google dengan tuduhan penyalah gunaan hak cipta.

Sebagian besar isi blog Linda memang yaitu berita-berita suduran dari luar negeri, utamanya informasi seputar selebriti. Banyak yang melaporkan, Linda melaksanakan plagiat. Namun tuduhan ini kesudahannya tidak terbukti dan Google mengembalikan blog milik Linda.

Salah satu konsekwensi dari menjalankan blog gratisan, yah itu!. Segala otoritas masih milik sang empunya. Memang ada beberapa postingan Linda dari hasil banned itu yang harus di hilangkan. Namun itu tidak menjadi pematah arang bagi seorang Linda.

Sejak di banned di 2010, ia pun terus memperhatikan soal keaslian konten dan sumber yang jelas. Hingga akhirnya, kini blog Linda tetap bercokol di urutan ke 13 dari rangking Alexa untuk negaranya dan urutan 2.320 secara global.

Tidak salah lah bila harga iklan untuk blog Linda sangat fantastis. 

Melalui kombinasi kerja keras, konsistensi, pedoman inovatif, dan kreativitas, Linda selama bertahun-tahun telah bisa menunjukan bahwa ada peluang urusan ekonomi yang layak di sekitar kita. Dia telah membuka mata banyak pihak, termasuk saya supaya tidak menyepelekan kekuatan dari blog gratisan. Hmmmmm...

Suatu dikala saya berharap ada satu dua orang dari Indonesia yang juga mendulang kesuksesan dari blog gratisan. Amin....
Next Post Previous Post
2 Comments
  • Anonim
    Anonim 26 Juni 2022 pukul 17.41

    Good👍👍

    • Unknown
      Unknown 27 Juni 2022 pukul 09.50

      Terima kasih

Add Comment
comment url