Tutorial Lengkap Membuat Blog Blogspot Kaprikornus Profesional

Tak mampu dipungkiri masih saja banyak yang bertanya, bagaimana membuat sebuah blog. Saya bahkan dibeberapa kesempatan, menyerupai di Twitter dan Facebook sering kali mendapat ajakan biar dibuatkan sebuah blog. Mereka rela membayar walau tolong-menolong seluruh cara-cara membuat blog telah saya utarakan di Bungmais.com , ini.

Karena alasan itulah, tutorial lengkap ini saya berikan untuk memudahkan siapa saja, khususnya pemula untuk membuat blog. Platfom yang akan kita gunakan ialah Blogspot. Mengapa? karena, Blogspot merupakan CMS paling banyak penggunanya di Indonesia.

Dalam tutorial ini, ada tiga tahapan yang harus dilakukan oleh seorang blogger (sebutan untuk pengguna blog). Karena ingin membuat blog jadi nampak profesional, maka ketiga tahap ini harus dilalui dan seluruh isi blog di sunting sendiri.

Tahap Pertama: Persiapan
Hal paling pertama yang dilakukan sebelum membuat blog ialah persiapan. Apa saja yang harus disiapkan, tentu saja yang paling utama ialah perangkatnya, misal komputer atau notebook yang tentu saja tersambung dengan internet. Kalau tak memiliki, Anda mampu menyewanya di warnet.

Setelah semua alat telah siap. Tahap selanjutnya ialah menentukan tujuan. Ada dua tujuan dasar seseorang membuat blog. Sebagai sarana menyebarkan catatan, hobby dengan komunitas atau bahkan sebagai daerah curhat. Ada pula yang mengakibatkan blog sebagai mata pencaharian (bisnis online).

Jika Anda bertujuan mengakibatkan blog sebagai mesin pencari uang, maka Anda harus mengikuti tahap persiapan berikut ini;


Tahap Kedua: Membangun
Setelah sedikit banyaknya mengetahui perihal blog dan melaksanakan riset atas tema blog yang akan dibuat, tahap selanjutnya tentu saja membangunnya. Membuat blog, utamanya Blogspot amat sangat mudah dan semua disediakan secara gratis.

Berikut hal yang harus Anda lakukan;
Untuk pengaturan lainnya, Anda mampu mencari di halaman Sitemap atau +index.

Tahap Ketiga: Mengoptimalkan
Setelah membuat, selanjutnya optimalisasi blog. Tentu Anda tak ingin sia-sia membuat blog tanpa pembaca. Ada banyak cara untuk melaksanakan optimalisasi ada yang berbayar dan ada yang gratis. Jika tak ingin repot-repot, beriklan saja, namun jikalau tak punya dana lebih ada baiknya melaksanakan cara ini sendiri.

Berikut hal yang harus dilakukan;
Masih banyak hal yang harus dilakukan dalam mengoptimalkan SEO (Search engine optimization). Update akan dilakukan kemudian.

Tahap Keempat: Monetize
Ketiga jumlah pengunjung blog Anda sudah tinggi, langkah selanjutnya ialah melaksanakan monetize. Walau pun tahap ini tolong-menolong tidak begitu penting buat semua blog, utamanya mereka yang tak berniat mencari penghasilan di blog. Namun hal ini tentu juga harus diketahui.

Beriku hal-hal yang harus dilakukan untuk memonetize blog Anda;
Itulah beberapa tahap dalam membangun blog blogspot menjadi profesional sampai mendatangkan penghasilan. Tentu saja, tutorial di atas belum sepenuhnya lengkap. Namun setidaknya inilah gambaran yang harus Anda lakukan.

Kaprikornus bagi yang masih bertanya-tanya cara membuat blog, ada baiknya membaca tiap link pada tutorial diatas. Tutorial ini gres tahap awal dan berlandaskan pada platfom gratis. Nantinya, kita akan membuat tutorial membuat blog blogspot gratis menjadi berbayar sehingga kesan profesionalnya lebih terasa.

Jika masih terdapat pertanyaan atau kekurangan pada tutorial di atas, jangan sungkan untuk bertanya atau menambahkan pada kolom komentar di bawah ini. Karena dengan berbagi, hal besar dan sesulit apapun mampu dikerjakan dengan enteng.

Happy Blogging.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url