© 2019 BungMais. All rights reserved. Design by: BungMais.com

Rahasia Para Pengusaha Sukses Menjalankan Bisnis Online

Rahasia Para Pengusaha Sukses Menjalankan Bisnis Online

Bisnis Online sama saja dengan Bisnis apapun juga. Ada banyak kiat untuk sukses di Bisnis Online. Namun tahukah Anda, kalau para pebisnis sukses itu punya rahasia. Yah.. Rahasia yang bergotong-royong tak diam-diam lagi, alasannya akan kita jabarkan di bawah ini.

Rahasia ini pada dasarnya sudah kita ketahui bersama, namun kadang disepelekan, alhasil banyak pebisnis online yang 'gulung tikar' tanpa menghasilkan apa-apa. Berikut ialah kiat yang harus dimiliki oleh setiap pebisnis, inipun yang saya pegang.

1. Tetapkan Tujuan
Sebelum memulai bisnis, Anda harus sudah tahu apa tujuan Anda. Karena dengan mengetahui tujuan yang jelas, Anda akan selalu termotivasi dan serius dalam menjalankan bisnis. Tujuan juga harus kuat, alasannya kedepannya akan semakin banyak godaan. Kaprikornus kalau setengah-setengah saja, bisa-bisa Anda keluar dari rel, itu artinya tujuan Anda tak akan pernah sampai.

(Baca: Cara Memilih Bisnis Online Yang Cocok Dijalankan)

2. Lakukan Survey 
Bisnis online tak ada bedanya dengan urusan ekonomi konvensional. Bisnis ini tak hanya mengenal pemasaran, pun tak melulu soal bagaimana produk yang dijual mampu laku. Karena urusan ekonomi online punya cakupan sangat luas dan besar, Anda harus tahu pasar mana yang Anda sasar. Inilah mengapa harus dilakukan survey pasar tersebut dahulu. Ibatar bertamu ke rumah orang, jangan asal masuk ke rumah orang yang tak dikenal.

3. Step by Step
Bisnis online bukan urusan ekonomi instan. Kaprikornus tak ada orang yang menjalankan urusan ekonomi online mampu kaya mendadak. Bisnis ini ialah urusan ekonomi rintisan yang membutuhkan waktu, tenaga dan uang. Walau pun ada beberapa jenis urusan ekonomi yang tak membutuhkan dana besar, tetap saja tak ada yang gratis.

Berbisnis online, harus dilakukan selangkah demi selangkah. Lakukan hal-hal yang kecil, rencanakan lagi, lakukan lagi, hingga benar-benar urusan ekonomi Anda mengakar dan besar. Ingat, dengan melaksanakan hal-hal kecil dan sedikit, bukan berarti membuat urusan ekonomi Anda melambat. Malah sebaliknya, akan cepat membesar.

(Baca: Pentingnya Lakukan Riset Keyword Untuk Bisnis Online)

4. Fokus
Fokus ialah kunci utama menjalankan urusan ekonomi online. Dengan fokus, Anda mampu mencurahkan perhatian lebih besar. Pekerjaan andapun akan terasa lebih ringan, kalau dilakukan dengan fokus dikarenakan kontrol yang dilakukan akan lebih mudah.

Seringkali pemula di urusan ekonomi online gagal dalam kiat yang satu ini. Godaan demi godaan datang silih berganti, karenanya semua dijalani tanpa ada arti. Yang payah, setelah semua dicoba dan tidak menerima hasil, yang disalahkan kemudian bukan dirinya. Tetapi orang lain.

5. Bangun dan Perluas Jaringan Kerja
Relasi ialah tonggak penentu kesuksesan bisnis. Begitu juga dengan urusan ekonomi online. Mulailah membangun kekerabatan atau jaringan kerja lalu mengembangkannya hingga luas seluas luasnya. Sikap ialah hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini. Bagaimana Anda memperlakukan rekan kerja (umum) begitulah kekerabatan Anda akan berkembang.

6. Berani Mengambil Resiko
Tak ada urusan ekonomi tanpa resiko. Hanya bedanya, ada yang besar dan ada yang kecil. Bagi pebisnis online resiko ialah tantangan tersendiri. Namun sayangnya, banyak pebisnis pemula menduga resiko ialah hal negatif yang tak jauh-jauh dari urusan rugi, susah, penderitaan dan sebagainya.

Ubahlah maindset negatif soal resiko. Anggaplah itu sebuah tantangan, dan saya yakin setiap pebisnis ialah orang-orang pencinta tantangan. Dengan begitu, resiko yang dianggap buruk mampu menjelma wadah berguru semoga mampu berani melangkah, mencoba dan mengambil keputusan

(Baca: Cara Belajar Bisnis Online yang Baik dan Aman)

7. Pantang Menyerah
Jika sata Bill Gate dulu atau Steve Jobs ialah orang-orang yang mudah menyerah, maka mungkin ketika ini tidak dinamakan orang sukses. Namanya mungkin tak akan pernah tercatat oleh sejarah. Namun mereka odalah orang dengan pendirian kuat, tidak mudah mengalah lalu mundur.

Tak mampu dipungkiri, tantangan berbisnis online ada sangat banyak. Tapi jangan mudah menyerah. Gagal ialah sukses yang lain. Lakukan evaluasi dan perbaikan secara terpola semoga urusan ekonomi online anda tetap terkontrol. Hanya orang ulet yang mampu mengecap manisnya sebuah usaha.

8. Kurangi Menunda 
Musuh terbesar bagi pebisnis, utamanya bagi pemula ialah rasa malas. Jika rasa ini muncul, maka ucapkan salam perpisahan kepada kesuksesan. Dari kemalasan muncullah penundaan dan dari penundaan muncullah perlambatan. Maka urusan ekonomi Anda yang diharpkan cepat menghasilkan, malah jalan di daerah atau malah tiara.

Memulai urusan ekonomi itu, beratnya ada di awal-awal. Lawanlah semua bentuk kemalasan dan penundaan, alasannya ketika telah berjalan, semua akan indah.

9. Belajar dari Pengalaman
"Pengalaman Adalah Guru Terbaik". Berbisnis online juga diharapkan pengalaman. Memang kadang-kadang ada kegagalan mengiringinya. Namun jadikan itu sebagai ilmu yang tak ternilai harganya. Tentu saja berguru tak harus dimulai dari kegagalan namun, jangan pernah tanamkan takut akan gagal dalam diri.

10. Berdoa
Orang-orang yang sukses sering kali memiliki kepribadian yang selaras antara usahanya dan doanya. Jangan pernah sepelekan hal ini. Selalu ingatlah DIA Sang Pemberi Rejeki. Sekuat apapun Anda berusaha kalau tak diisinkan oleh Yang Maha Kuasa, hasilnya tidak akan membawa kebaikan (berkah) bagi Anda ataupun orang lain.

(Baca: Tutorial Dasar Memulai Bisnis Online)

Itulah diam-diam orang-orang yang sukses di urusan ekonomi online. Sesederhana itu, namun dampaknya luar biasa. Saya dan Anda pun mampu menjadi sukses, kalau meresapi kiat dari orang-orang sukses. Ingat, tak ada kemustahilan kalau kita mau dan berbuat untuk kebaikan.

Mari berdiskusi di kolom komentar...

Posting Komentar

0 Komentar

-------- MASUKAN KODE IKLAN 1 --------
-------- MASUKAN KODE IKLAN 2 --------
-------- MASUKAN KODE IKLAN 3 --------