Mengenal Search Engine Marketing (SEM)

Google Adsense.

Metode SEM digunakan untuk bersaing di mesin pencari, seperti Google, Yahoo atau Bing. Kata kunci tertentu yang ditarger akan mengarah langsung ke website yang menggunakan SEM. Berikut contoh SEM dan SEO di Google dengan kata kunci Forex.

Google AdWord.

Jika SEO dijalankan secara cuma-cuma, maka beda halnya dengan SEM. Penggunanya harus mengeluarkan dana sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin promosi besar-besaran, maka dana yang dikeluarkan juga cukup besar. Namun, telah banyak SEM yang bisa disesuaikan dengan budget kita.

Perlukah Blogger Menjalankan Metode SEM?

Pertanyaan ini memang perlu dijawab oleh masing-masing blogger. Jika blog yang dijalankan tidak menjual produk atau jasa, ada baiknya tidak menggunakan SEM, tapi memperkuat di SEO. Artinya, konten yang berkualitas harus terus ditingkatkan.

(Baca Juga: 10 Kriteria Blog Yang Paling Disukai Google)

Jika blog yang dijalankan hanya bertujuan meningkatkan rangking dan pengunjung organik, maka cukup menjalankan SEO saja. Tapi jika ingin menjangkau pengguna dengan target tertentu, maka tak ada salahnya menerapkan SEM.

Bisa dikatakan, SEO adalah cara mendatangkan pengunjung dengan susah payah, sedangkan SEM mendatangkan pengunjung dengan cara cepat dan mudah. Keduanya harus dipahami agar kedepan bisa dengan mudah memetakan cara yang paling efektif memperbesar trafik.

+Wisa Rahardi

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url