Mengenal dan Cara Membuat Layanan Subscribe

Mengenal dan Cara Membuat Layanan Subscribe
Mengenal dan Cara Membuat Layanan Subscribe

Mengenal dan Cara Membuat Layanan Subscribe - Jika Anda sering menonton video di Youtube, kata-kata Subscribe niscaya sering Anda lihat disana. Subscribe sendiri Maknanya ialah langganan. Yang berMakna pula, setiap Anda mengklik Subscribe di Youtube, pemilik video bakal selalu mengabari Anda kalau mereka punya video baru.

Di dunia blog, Subscribe juga bukan hal yang baru. Sudah semenjak dulu, layanan ini hadir. Pengertiannya sama dengan Subscribe yang disediakan oleh Youtube. Perbedaan hanya satu, Subscribe di Youtube sudah ada semenjak pertama kita buat saluran disana, sedangkan di blog, Subscribe harus dibentuk sendiri.

Contoh layanan Subscribe dapat Anda lihat di BungMais.com ini. Kotak disebelah kanan atas pada sidebar ialah layanan Subscribe atau layanan berlangganan Maknakel melalui email. Tujuannya Agar setiap Maknakel dari blog ini bakal pribadi terkirim ke email Anda setrik utuh, tanpa harus mengunjungi blog ini setiap saat.

Sebelum kita membahas lebih jauh trik membuatnya, alangkah mulia dan baiknya kalau Anda memasukkan alamat email Anda pada layanan Subscribe BungMais.com . Maknakel bakal dikirim ke email Anda pribadi tanpa dipungut biaya.

Cara Membuat Layanan Subscribe/Langganan Maknakel

Untuk membuat layanan Subscribe di blog kita diberi banyak pilihan layanan. Namun yang paling populer dan paling disarankan oleh blogspot ialah layanan dari FeedBurner. Mengapa demikian, alasannya FeedBurner juga milik Google yang Maknanya telah terkoneksi dengan seluruh layanan Google.

Kaprikornus langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat Subscribe ialah mengaktifkan akun FeedBurner Anda. Bisa Anda pelajari dengan membaca Maknakel Apa Itu FeedBurner dan Bagaimana Membuatnya? serta Manfaat dan Cara Aktifkan PingShot di FeedBurner. 

  • Jika telah memiliki akun FeedBurner, selanjutnya login. Pilih blog yang telah Anda daftarkan dan pilih Publicize lalu Email Subscriptions


  • Pada halaman Email Subscriptions, klik Activate. 


  • Kini Anda telah disediakan script HTML. Script ini dapat pribadi Anda copy ke blog Anda dan letakkan dimana saja Anda inginkan. Namun saya sarankan untuk tidak mengcopy dulu. Kita bakal melaksanakan pengaturan Agar layanan Subscribe Anda terlihat profesional. 


  • Pilihlah Communication Preferences. Pada pengaturan ini Anda dapat merubah alamat email pengirim (selain dari email yang Anda daftarkan), Kata-kata untuk email aktivasi pada pelanggan Anda, serta isi pesan yang bakal muncul dikala pertama kali pelanggan Anda meminta berlangganan. Bahasanya berbahasa Inggris, olehnya itu rubahlah kedalam bahasa Indonesia dengan kata-kata Anda sendiri. Setelah itu klik Save. 


  • Selanjutnya ialah Email Branding. Pada pengaturan ini, aturlah judul setiap email Subscribe Anda sesuai keinginan, misal kalau Anda belangganan Maknakel di blog ini, judul email yang bakal terkirim bertuliskan BungMais.com . Pada laman ini Anda juga dapat merubah tampilan feed Anda, silahkan diutak-atik sesuai kebutuhan, kemudian klik Save. 


  • Terakhir ialah Delivery Options. Pada laman ini, Anda diberi kuasa mengatur agenda pengiriman Maknakel kepada pelanggan Anda. Jika menyasar pembaca dari Indonesia, aturlah Timezone-nya Jakarta, dan agenda pengiriman sesuai harapan Anda, dapat dikirim dipagi hari atau malam hari. 


  • Barulah Setelah selesai, kembali ke Subscription Management kemudian mengcopy script yang diberikan ke blog Anda. Ada dua trik yang dapat dilakukan, mengcopy script pribadi ke blog atau mengaktifkan widget dari FeedBurner. Saran saya lebih baik mengcopy script saja Agar Anda dapat melaksanakan modifikasi, menyerupai layanan Subscribe pada BungMais.com ini sudah diperbaharui Agar sesuai keinginan. 


Anda pun dapat melaksanakan perubahan script kalau mengetahui dasar-dasar HTML. Bisa Anda pelajari dengan membaca beberapa postingan di blog ini. Misal ingin merubah bordirnya, dapat Anda baca di Cara Membuat Kotak Script Dalam Postingan Blog. 

Jika memiliki pertanyaan atau tanggapan, silahkan berkomunikasi pada kolom Disqus dibawah ini. Terima kasih!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url