Kenali 7 Tipe Pengunjung Blog Anda!

10 Manfaat Menjadi Blogger Yang Wajib Diketahui)

2. Pengunjung Setia
Blogger yang memiliki tipe pengunjung setiap haruslah bersyukur. Karena tipe ini selain setia juga pengertian. Namun, jumlahnya tidak sebanyak tipe silent reader. Meski begitu, beberapa blog memiliki pengunjung setia yang besar. Blogooblok juga. :)

Tipe setia ini akan sekaligus membantu pemilik blog untuk menyebarkan konten yang dibuat. Maka dari itu, tipe ini menjadi dambaan semua blogger. Dengan memupuk pengunjung tipe setia ini dengan baik, akan dengan sendiri menambah trafik lebih tinggi.

(Baca Juga: 5 Manfaat Menjadi Blogger Yang Jarang Diketahui)

3. Pengunjung Numpang Lewat
Tipe pengunjung seperti ini jumlahnya juga banyak. Mereka hanya sekedar mampir lalu menghilang. Biasanya saat mereka berkunjung akan meninggalkan jejak berupa komentar. Isi komentarnya pun kadang hanya basa basi belaka. Saat dibalas, mereka takkan pernah muncul lagi.

Biasanya, pengunjung numpang lewat ini datang ke blog kita lalu berkomentar hanya untuk balas budi karena kita sudah blogwalking dan memberi komentar di blognya.

(Baca Juga: 10 Tipe Artikel Yang Paling Dicari di Internet)

4. Pengunjung Kritis
Pengunjung tipe ini kadang ada baiknya, kadang pula menjengkelkan. Mereka tidak hanya sekedar berkunjung dan memberi komentar, namun mereka ini biasanya akan membahas segala bentuk detail dari blog dan konten Anda. Tidak sedikit dari mereka yang malah niatnya menghina.

Mereka para tipe kritikus ini bukan saja memberi komentar tentang isi postingan, tetapi juga tentang esensi dan bisa juga penggunaan kata atau kalimat dari konten Anda yang tidak sesuai. Ciri lainnya dari pengunjung tipe yang satu ini adalah komentarnya yang pajang dan detail.

(Baca Juga: Apa Yang Dilakukan Orang Indonesia di Internet?)

5. Pengunjung Tukang Jualan
Jika menemukan tipe yang satu ini, kadang menjengkelkan bukan main. Mereka biasanya menggunakan kolom komentar di blog kita untuk berjualan dan berpromosi tentang produk mereka. Biasanya meraka niatnya memang hanya menggiring pembaca agar ke website atau blog mereka.

Mereka ini berkunjung ke blog lain bukan untuk membaca blog karena sebuah kebutuhan mendapatkan informasi. Mereka ini berkunjung ke blog dengan suatu misi yaitu mempromosikan produk dan jasa usahanya. Karena saking seringnya ia berkunjung dan berpromosi lewat komentar maka kedatangan mereka ini sering dianggap sebagai spam.

(Baca Juga: 10 Layanan Google Yang Wajib Bagi Seorang Blogger)

6. Pengunjung Stalker
Pengunjung tipe ini hampir sama dengan pengunjung silent reader. Bedanya, niat yang mereka pakai. Kalau silent reader memang hanya ingin membaca blog tanpa ingin ketahuan, tapi pengunjung stalker kadang kala ada Kepo-nya ikut menyertai.

Mereka-mereka ini akan terus setia mengikuti blog Anda namun mereka tidak mau menunjukkan identitasnya. Biasanya mereka juga berkomentar menggunakan akun anonim. Meski demikian, pengunjung tipe ini banyak keuntungannya kepada blog.

(Baca Juga: Mengapa Harus Jadi Blogger?)

7. Pengunjung Suka-suka
Yang satu ini bisa merupakan gabungan beberapa pengunjung diatas. Biasanya, pengunjung tipe akan berkomentar di blog Anda dengan kata-kata umum, seperti "nice info", "artikelnya keren" dan lain-lain. Diakihir komentar, biasa mereka menautkan link ke blog mereka.

Tipe semacam ini masih sedikit lebih manusiawi, ketimbang tukang jualan. Walau kadang, pengunjung suka-suka ini tidak membaca postingan dengan baik lalu berkomentar. Mereka ingin cepat-cepat menggiring pengunjung lain ke blognya.

(Baca Juga: Merdeka dari Blogger!)

Dari 7 tipe pengunjung yang diutarakan diatas, jujur, saya pernah melakukannnya satu persatu. Hingga akhirnya, saya memilih menjadi blogger yang baik dan berbuat santun di blog orang lain. Kadang malah blog yang tidak memberi link hidup pada komentarnya, akan saya kunjungi balik, ketimbangnya yang dengan sengaja memberi link. Tapi semua itu sah-sah saja.

Satu hal yang sudah tentu akan saya hapus dari daftar kunjungan adalah blog spam yang dihampir semua halaman mengisi komentarnya, diwaktu yang hampir bersamaan dengan isi komentar yang hampir serupa pula. Jengkelnya minta ampun.

Kalau kalian, ada dipengunjung tipe yang mana?
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url