Cerita Saya Mencoba Tampilan Contempo Blogspot

Blogspot Ganti Template Jadi Tema dan 4 Desain Baru

Dari tema Sederhana bawaan Blogspot itu, banyak yang terkesima, kalau tidak mau disebut jijik, melihatnya. Tampilannya sederhana dengan beberapa widget di sidebar kanan. Yang membuatnya berbeda karena ada iklan stiky yang menempel di kanan kiri.

Saya memang sengaja menggunakan tema bawaan Blogspot untuk membuktikan, bahwa tampilan sesedehana apapun akan tetap menemukan pengunjungnya. Dan terbukti, meski tidak besar-besar amat seperti blognya Mas Sugeng, SekolahBlogger dan Klimania misalnya. Tapi pengunjung bulanan blog ini bisa dikata, memuaskanlah, setidaknya dari penilaian saya.

Saya menyebut beberapa blog di atas, karena Alexa memberi bocoran kalau mereka merupakan situs yang serupa tapi tak sama dengan pengunjung tumpang tindih. Alias, yang berkunjung ke blog Mas Sugeng bisa jadi juga berkunjung ke BLOGOOBLOK.

Kembali ke masalah tampilan. Per hari ini, saya dengan kebulatan tekat yang maksimal. Saya akhirnya mengambil keputusan untuk merombak total tampilan. Keputusan ini tidak serta merta, cukup lama hingga akhirnya saya berani melakukan itu.

Ada banyak pertimbangan mengapa saya melakukannya. Padahal sejak setahun lalu, saya tahu kalau Blogspot punya empat tampilan baru setelah lupa melakukan update. Mengapa baru sekarang saya mengubah dan mengapa tidak memilih melakukan perubahan ke AMP saja.

Pertama: Mulai Bosan

Sejak saya buat 2014 silam, terhitung baru kali ini saya melakukan perubahan tampilan. Pun kalau ada, paling hanya satu dua bagian di tema yang saya utak atik. Waktu selama itu awalnya saya biasa-biasa saja, tapi kemudian muncul kejenuhan.

Setiap kali hendak melakukan update blog, saya selalu teralihkan dengan tampilan yang menoton. Tetiba bosan datang menyerang dan akhirnya saya urung melakukan update. Pun kalau sempat tidak akan bertahan lama untuk konsisten kembali.

Tampilan Baru Dashboard Blogger Lebih Segar dan Kekinian

Alasan memilih Contempo pun tidak serta merta. Meski saat pertama berkenalan dengan tema ini saya langsung jatuh hati. Contempo menurut saya lebih sederhana dan sesuai kepribadian blog ini. Saya hanya ingin menampilkan kesegaran dengan tidak berlebihan menempatkan iklan.

Blog ini sebagai wadah berbagi dan berjejaring, pendapatan hanyalah bonus. Kedepan, mungkin akan ada beberapa perubahan yang akan saya lakukan. Belum begitu banyak yang saya pelajari dari tampilan ini. Tapi kemudian saya belajar, bahwa semua harus dengan keputusan yang tepat.

Awalnya saya takut, jangan-jangan pembaca akan menghilang seiring dengan perubahan yang saya lakukan. Identitas BLOGOOBLOK akan memudar karena tidak lagi menampilan sosok yang dulu. Sosok yang sudah melekat dalam benak banyak pembaca.

Tapi sekali lagi, orang kesasar ke blog ini karena konten, tampilan yang menarik dan lebih cepat adalah bonus yang membuat pembaca lebih betah. Tak masalah ketika ada yang menuduh tampilannya sama dengan blog yang lain. Di dunia ini kadang kita memang memakai baju yang sama. Tapi isi hati dan kepala setiap orang pastilah berbeda.

Maka akhirnya saya ucapkan selamat datang di tampilan baru BLOGOOBLOK. Semoga makin kerasan berada di sini.

Salam kreasi. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url