Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Cara Verifikasi Blog Wordpress di Search Console

Bung Mais Jumat, 24 Desember 2021
Cara Menggunakan Webmaster Tools

Ada banyak pertanyaan yang muncul ketika kita bicara soal Webmaster ini. Salah satunya, mempertanyakan faedahnya menambahkan website ke mereka. Secara umum, melalui Webmaster, kita akan dapat info seputar search query dari satu website. Seberapa sering orang mengklik dan seperti apa dihasil pencarian.

Data-data tersebut bisa digunakan untuk memperbaiki performa website. Misal dapat ide baru untuk tulisan. Contohnya, setelah sebulan ternyata banyak kata kunci yang masuk berupa 'bisnis online', ya, kita kemudian bisa menyasar kata kunci itu.

Yang paling penting, di Webmaster ini kita bisa pula mengajukan sitemap website kita, agar menampilkan artikel menarik yang kita punya. Sekaligus mereka akan merekomendasikan apa saja yang harus diperbaiki untuk menyempurnakan perayapan di mesin pencari. Ini erat kaitannya dengan teknik SEO.

Baca Juga: Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools 

Tahun ini, Google Webmaster Tools juga meluncurkan Search Console versi baru. Meski masih berupa beta, setidaknya tampilannya lebih menarik dari yang lama. Namun informasi yang ditampilkan sangat terbatas. Kita hanya akan menyinggungnya sedikit di akhir artikel.

Langkah 1: Dapatkan Kode Verifikasi

Untuk melakukan verifikasi, Anda tentunya sudah punya blog yang dibuat dari Wordpress. Lalu punya akun Gmail tentu saja. Setelah login ke dashboard Wordpress, selanjutnya mengunjungi situs Submit Banyak Sitemap Sekaligus ke Google Webmaster Tools

Blog Wordpress tidak seperti Blogspot yang dengan mudah memiliki sitemap otomatis. Kita harus membuatnya sendiri. Ada banyak plugin yang bisa digunakan untuk membuatnya. Misal Yoast SEO, selain untuk membuat sitemap, plugin ini juga memudahkan kita memasang keyword dan lain-lain.

Tapi, untuk saat ini saya memilih menggunakan plugin Google XML Sitemap. Caranya hampir sama pada saat mengintal plugin 'Insert Headers and Footers' di atas. Setelah di instal, maka secara otomatis akan terbentuk sitemap untuk blog kita.

Meski strukturnya sudah tentu https://www.bungmais.com/search?q=cara-menggunakan-webmaster-tools">10 Layanan Google Yang Wajib Bagi Seorang Blogger

Tapi tugas utama dan paling pertama sebagai blogger sudah kita lakukan. Melakukan verifikasi sebagai tanda bahwa blog ini milik kita, tidak bisa diklaim lagi oleh orang lain dan meneruskan tugas untuk dirayapi mesin pencari dengan submit sitemap.

Semoga bermanfaat. Jika ada hal lain yang hendak ditanyakan sekaitan dengan Search Console a.k.a Google Webmaster Tools, silahkan berbagi di kolom komentar. Akan dengan senang hati saya bantu, pun banyak teman-teman lain yang juga siap memberi masukan.

Salam kreasi!

Tutup komentar

Komentar