Cara Upgrade Akun Google Adsense Jadi Full Approve

Akun Google Adsense ada dua macam, hosted dan non hosted. Hosted artinya akun Google Adsense yang didapatkan dari bantuan pihak ketiga. Bisa melalui Youtube atau Blogspot. Sedangkan akun non hosted adalah akun yang sepenuhnya dibuat tanpa bantuan pihak ketiga.

Akun hosted karena menggunakan bantuan pihak ketiga, tentu saja harus pula berbagi keuntungan dengan penyedia layanan. Misalnya, mendaftar melalui Blogspot, yakin dan percaya, ada sebagian pendapatan Adsense kita yang diberikan ke Blogspot. Begitu pula dengan Youtube.

(Baca : Cara Mudah Memasang Iklan Google Adsense di Youtube)

Sedangkan akun non hosted, seluru penghasilan yang diterima dari Google Adsense akan menjadi milik kita. Itulah mengapa, memiliki akun Google Adsense non hosted lebih sulit dari memiliki akun hosted.


Akun non hosted juga memiliki kuasa yang besar. Karena bisa ditempatkan di website mana saja asal memenuhi syarat Google Adsense. Sedangkan akun hosted hanya bisa dipasang di blog mitra hosted. Misalkan, akun hosted yang didapat dari Blogspot, iklannya tidak akan bisa ditempatkan di website atau blog dengan Top Level Domain (TLD).

(Baca : Cara Mengganti Domain Blogspot Jadi .COM)

Jika blog yang selama ini dipakai mendaftar Google Adsense telah berubah menjadi TLD, seperti Blogooblok ini. Maka, akun Google Adsensenya juga harus segera di upgrade. Atau merubah versi, dari akun hosted menjadi akun non hosted. Prosesnya memang tidak sama dengan mendaftar Google Adsense pertama kali, tapi tahapannya hampir sama.

Cara upgrade akun Google Adsense hosted menjadi non hosted sebagai berikut: 

  • Pertama-tama login ke akun Google Adsense Anda. Akun hosted ditandai dengan tulisan hosted account berwarna merah pada sisi kanan atas.
  • Akun Google Adsense hosted yang melakukan upgrade pada tampilan homepagenya akan seperti gambar dibawah ini. Akan muncul pesan pemberitahuan agar segera memasan kode iklan di blog yang didaftarkan. Jika sudah memasang kode di blog, jangan lupa pesan itu di close. Hal ini sebagai penanda, kode iklan telah terpasang dan silahkan melakukan review. 
Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools)

Kedua. Selain belum terdaftar di Webmaster Tools (jawaban atas syarat ini dibocorkan oleh tim Google Indonesia saat saya konsultasi via email), hal lain yang menghalangi adalah tampilan yang belum responsif. Olehnya itu, mereka menyarankan melakukan modifikasi hingga tampilannya bisa responsif.

Google juga sangat menganjurkan agar tidak terdapat banyak script yang memberatkan atau malah tidak berjalan dengan baik di blog. Hal-hal ini terkadang dianggap sepele, namun dampaknya sangat besar. Mereka juga menyarankan agar loading blog di percepat.

(Baca Juga : Kunci Menghasilkan Ribuan Dollar dari Google Adsense)

Tips lain agar cepat diterima oleh permohonan upgradenya adalah dengan memasang banner contributor adsense di blog Anda. Mungkin cara ini terlihat konyol, namun langkah ini bisa memotong masa review Google Adsense. Yang biasanya seminggu hingga delapan hari baru ada jawaban, dengan memasang contributor, bisa tiga hari sudah ada jawaban.

Mungkin postingan ini, sekaligus menjawab pertanyaan beberapa teman yang heran iklan di Blogooblok tetiba menghilang. Jika teman-teman punya cerita lain soal ini, silahkan membaginya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url