Cara Pasang Kode Google Analytics di WordPress

Apa Itu Google Analytics?

Banyak hal yang kemudian bisa dilakukan hanya dengan data yang disajikan Google Analytics. Data-data yang diungkapkan akan jadi input untuk menyusun strategi, pemasaran misalnya. Atau membuat konten yang tepat sasaran dan tepat guna dikemudian hari.

Bagi website yang bertumpu pada jumlah pembaca, hasil analisa Google Analytics bisa pula dijadikan landasan untuk terus mengembangkan usaha. Keakuratan Analytics sejauh ini memang yang paling diutamakan. Meski adapula beberapa tools yang juga menjanjikan hal yang sama.

Bicara soal Google Analytics, BLOGOOBLOK pada artikel ini akan membahas cara memasangnya di blog dengan CMS Wordpress. Sebelumnya sudah dibahas bagaimana Cara Verifikasi Blog Wordpress di Search Console alias Google Webmaster Tools. Kedua tools dari Google ini memang wajib diberdayakan oleh blogger atau webmaster.

Untuk memuluskan tutorial ini, pada postingan Verifikasi Search Console di atas telah dibahas cara memasang plugin 'Insert Headers and Footers'. Jadi, kita tetap akan menggunakan plugin itu biar lebih aman dalam memasukkan kode. Namun jika kalian sudah terbiasa koding dan nyaman dengan halaman HTML, bisa langsung mengutak-atiknya.

Saya asumsikan yang membaca ini tidak mau repot dan memilih praktisnya saja. Berhubungan langsung dengan laman 'Editor' Wordpress sangat memungkinkan untuk terjadinya error dikemudian hari. Jadi kita pakai plugin yang sederhana saja.

Langkah 1: Dapatkan Kode Google Analytics

Saat pertama kali mengakses laman Bagaimana Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytic?.

Tapi dalam banyak kasus, utamanya yang menggunakan Wordpress, proses menanam kode Analytics ini tidak berjalan mulus. Meski sudah terdaftar namun hasil analisanya belum juga muncul. Sehingga harus dilakukan penanaman kode dari awal lagi.

Untuk proses yang ini, caranya dengan mendapatkan kembali ID Pelacakan kita di laman Google Analytics. Untuk hal tersebut caranya dengan login ke akun Google Analytics kita, lalu klik Admin. Posisi tab Admin ini ada di bilah sebelah kiri paling bawah sekali. Atau icon gir.

Mengenal Fitur dan Kontrol Utama Google Analytics

Setelah semuanya selesai, selanjutnya sisa fokus meningkatkan pengunjung. Caranya yah dengan memperbanyak konten, memperbaiki performa dan dapatkan laporan hasil bulanan dan hariannya di Google Analytics.


Artikel ini diupdate 17 Maret 2018. Tulisan aslinya berjudul "Cara Mendaftarkan Blog Wordpress ke Google Analytics". Terbit pertama kali 11 Oktober 2015. Karena video dalam artikel aslinya mengalami kerusakan, maka digantikan dengan artikel ini.

Salam Kreasi!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url