Cara Menulis Artikel untuk Pemula

Persiapan Awal Sebelum Memulai Menulis Artikel

2. Penulisan

Saat menulis, pahami dulu, tulisan tersebut hendak disajikan secara hard atau soft. Hard artinya penyampaian secara gamblang dan soft lebih bertutur. Metode piramida terbalik diperlukan dan pemahaman soal 5W+1H juga dibutuhkan. Sama yang penting paham soal SPOK.

3. Revisi  

Sentuhan akhir dalam menulis adalah melakukan revisi. Ketika pertama kali menulis, semua ide kita curahkan dalam tulisan. Kadang ada hal yang tidak penting ikut nimbrung. Maka perlu melakukan revisi sebelum akhirnya dipublikasikan.

Penjelasan masing-masing langkah di atas butuh tupoksinya sendiri. Saya akan membahasnya di artikel lain. Jika semua diterapkan, maka artikel yang kita hasilkan akan kaya dan tidak dianggap cetek. Hal ini perlu untuk blog yang telah menjadikan blogger sebagai profesi.

Menulis untuk medium digital, semacam blog begini juga punya sentuhan khusus. Ada unsur bernama SEO yang harus diperhatikan. Mulai dari penulisan judul hingga isi, langkahnya beda sendiri. Berpikir online akan sangat membantu.

Soal cara mengenakkan tulisan pun perlu pengetahuan yang baik. Namun cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan rajin membaca. Apa saja yang menarik minat, sebaiknya baca. Pelajari cara mereka menyusun kata hingga kalian mau menyelesaikannya hingga tuntas.

Topik menulis artikel dari BLOGOOBLOK ini akan disajikan dalam beberapa seri. Saya akan membuatnya khusus dalam segmen "Kelas Menulis". Silahkan kunjungi tag tersebut untuk mencari tahu artikel lainnya. Semoga bermanfaat dan teruslah menulis.

Salam kreasi!
 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url