Cara Meningkatkan Penghasilan Adsense dengan Custom Channel

Google Adsense telah menjelma menjadi sesuatu yang sakral dikalangan blogger dunia, bahkan di Indonesia. Ada banyak blogger yang tiba-tiba menjadi sangat makmur dengan memanfaatkan layanan gratis dari Google ini.

Rekan bisnis, begitulah ungkapan yang tepat bagi blogger atau publisher dengan Google sebagai penyedia layanan bernama Adsense. Google tidak menyediakan iklan, tapi hanya bertindak sebagai perantara. Pengiklan hanya menggunakan Google untuk promosi dan blogger bertindah menyiarkan iklan tersebut. Bagi hasil pun terjadi dari proses ini.

Meski terlihat publisher tidak mampu berbuat apa-apa untuk meningkatkan penghasilan, namun Google sebenarnya telah menyediakan berbagai tools yang bisa digunakan. Salah satunya adalah custom channel atau saluran khusus.

(Baca Juga: Cara Upgrade Akun Google Adsense Jadi Full Approve)

Custom channel punya peran besar dalam meningkatkan penghasilan seorang blogger, apalagi yang mengusung tema spesifik. Dengan menggunakan layanan ini, iklan yang muncul di blog akan lebih tertarget, karena dalam saluran itu akan terisi iklan yang dikehendaki, tentu saja harga iklannya akan tinggi.

Misalnya blog kita berisi informasi seputar traveling, maka kita bisa membuat saluran khusus iklan yang isinya seputar travel. Bagi pengiklan yang ingin mempromosikan produk travelnya akan memasang iklan di blog atau website yang kita kelola.

Harganya juga akan tinggi karena sistemnya melalui lelang. Semakin besar trafik yang dibuat, maka semakin mahal harga iklannya. Tentu saja, penghasilan akan lebih besar dari biasanya.

(Baca Juga: Cara Mencairkan Pembayaran Adsense di Western Union)

Custom channel juga memiliki pelaporan pendapatan khusus, sehingga kita bisa memantau perkembangan dari channel yang kita buat. Meski unit iklan lain tetap bisa dipantau, namun laporan dari custom channel dapat dianalisa kinerjanya dengan spesifik, sehingga kita diberi pilihan untuk meningkatkan atau menghilangkannya.

Cara Membuat Custom Channel Adsense

Untuk membuat saluran khusus, caranya sangat mudah. Anda hanya perlu masuk ke dasbor Adsense Anda lalu pilih tab My Ads. Setelah itu pilih Custom Channel, kalau akun Anda berbahasa Indonesia maka tulisannya Saluran Khusus. Setelah itu klik New Custom Channel.

Meningkatkan Pageviews dengan Matched Content Adsense)

Untuk membuat saluran khusus, Anda harus mencentang terlebih dahulu tulisan Show this custom channel to advertisers as a targetable ad placement atau dalam bahasa Indonesia Tampilkan saluran khusus ini kepada pengiklan sebagai penempatan iklan yang dapat ditargetkan. Jika dicentang maka hasilnya seperti gambar berikut.

Google Keyword Planner.

Cara ini akan mempermudah pengiklan mempromosikan produknya dan membuat penayang iklan meningkatkan penghasilannya. Pengiklan juga akan merasa diuntungkan, karena iklannya benar-benar tepat sasaran.


Salam Blogger dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url