Cara Menghapus Akun Google dengan Lengkap

Ada banyak alasan orang untuk menghapus akun Googlenya. Namun, banyak alasan menempuh langkah menghapus akun secara permanen karena telah memiliki banyak akun di Google, sisanya karena dengan tidak sengaja menghapus akunnya.

Mengapa ada orang yang memiliki banyak akun di Google? Jawaban setiap orang berbeda-beda. Namun dari beberapa kasus, orang yang memiliki banyak akun di Google, karena terlalu sering ditolak oleh Google Adsense. (Baca Cara Mendaftar Google Adsense dari Blogspot).

Apapun alasan Anda, memiliki banyak akun di Google memang sedikit berlebihan, dan ini akan memenuhi data base Google. Jadi bagi Anda yang sudah terlalu sering cintanya ditolak (baca tidak diterima) oleh Google Adsense, ada baiknya menghapus sebagian akun Google Anda.

Dengan menghapus beberapa akun di Google dan mengoptimalkan akun-akun yang aktif, akan sedikit diperhitungkan oleh Google saat kembali melamar (mendaftar) ke Google Adsense. Namun harus diingat, saat menghapus akun Anda di Google, itu berarti seluruh tautan dalam akun itu juga akan terhapus.

Semisal Anda memiliki blog di akun A, dan Anda hapus, itu berarti Anda juga telah menghapus blog tersebut. (Baca Cara Menghapus Blog Secara Permanen). Jadi jika Anda benar-benar ingin menghapus akun Google Anda, lebih baik melakukan backup terhadap blog Anda. (Baca Cara Backup Postingan dengan Utuh di Blogspot).

Menghapus Gmail atau Akun Google Secara Permanen

Jika Anda benar-benar berniat ingin menghapus akun Google Anda secara permanen atau selamanya, maka ikuti langkah-langkahnya berikut ini. Contoh dibawah ini akan menghapus akun Google milik bloGoooblok yang lain. Akun ini dibuat khusus sebagai sarana percobaan. (Baca juga Cara Mudah Membuat Email Gmail).

  • Login ke akun Google Anda (Gmail). 
  • Pada pojok kanan atas, tepatnya dibagian foto profil, silahkan di klik. Lalu klik lagi Account/Akun
  • Saat terbuka, arahkan kursor Anda pada tab Data Tools, lalu cari kata-kata Delete account and data (Hapus akun dan data), jika nemu, silahkan di klik.
  • Halaman selanjutnya (lihat gambar) Anda akan disodorkan informasi dan pilihan, produk apa saja yang ingin Anda hapus, jika semua data yang diminta ingin Anda hapus, silahkan beri tanda centang. Lalu masukkan pasword Gmail Anda dan terakhir klik Delete Google Account. 
  • Terakhir, Google akan memberi Anda informasi bahwa akun Anda telah sukses dihapus, walau dengan sangat menyesal, Google tak bisa menahan Anda untuk menghapus akun ini. Langkah paling akhir adalah memberitahukan Google alasan Anda menghapus Akun, silahkan dipilih lalu klik Submit. 


Walau Anda berhasil menghapus akun Google, namun Google masih berbaik hati. Anda masih diberi batas waktu untuk mengembalikan akun tersebut suatu waktu. Silahkan ikuti caranya dengan menghubungi pusat layanan Google. Semoga tidak ada penyesalan dalam diri Anda. :)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url