Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools

Hingga saat ini situs nomor satu di dunia masih berada di tangan Google.com bahkan untuk di Indonesia, Google.co.id juga menempel di urutan kedua. Baru setelah itu deretan situs-situs lainnya menyusul, seperti Facebook, Twitter dan lain-lainnya. Fakta inilah yang tidak boleh disepelekan oleh blogger atau webmaster.

Oleh karena itu, hampir semua fasilitas Google seharusnya kita berdayakan. Salah satu yang paling penting adalah layanan Webmaster Tools milik Google. Layanan ini tidak hanya bisa digunakan oleh blogger yang menggunakan CMS blogspot, tapi bisa juga digunakan oleh CMS lain semisal Wordpress.

Sebelumnya, Blogooblok sudah membuat ulasan tentang cara mendaftarkan blog Wordpress ke Google Analytics, selain Google Analytics, Webmaster Tools juga wajib digunakan oleh seorang blogger. Selain untuk melihat data-data penunjang, webmaster tools juga memberi kita kemudahan untuk mempercepat robot Google melakukan index blog atau situs kita.

(Baca: Cara Mendaftarkan Blog Wordpress ke Google Analytics)

Pada tulisan terdahulu, Blogooblok sebenarnya sudah membuat tulisan tentang cara ini, namun saat itu khusus untuk Blogspot. Pada dasarnya, cara ini tidak jauh berbeda, paling perbedaannya pada cara verifikasi blog saja. Tapi tidak jadi masalah, kita membahasnya kembali dalam postingan ini.

(Baca: Cara Menggunakan Webmaster Tools)

Lalu bagaimana cara mendaftarkan blog Wordpress ke Google Webmaster Tools? Yuk, disimak!

  • Pertama-tama, kunjungi laman https://www.bungmais.com/search?q=cara-mendaftarkan-blog-wordpress-ke" target="_blank">Submit Banyak Sitemap Sekaligus ke Google Webmaster Tools)

    Dengan mengirimkan sitemap ke Google Webmaster Tools maka secara tidak langsung mempercepat proses crawl atau perayapan situs oleh robot Google. Caranya dengan mengklik tombol berwarna merah di pojok kanan atas yang bertuliskan "Tambahkan/Uji Peta Situs". Setelah itu masukkan alamat feed blog Anda. Kalau pengguna Wordpress sisa menambahkan kata feed dikotak isiannya, seperti gambar berikut.
    Hingga saat ini situs nomor satu di dunia masih berada di tangan Google Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools

    Jika semua proses telah dilakukan, silahkan menunggu. Tapi jangan pikir hasilnya akan langsung keluar. Butuh waktu kurang lebih dua minggu hingga akhirnya Google Webmaster Tools membuat daftar parameter-parameter blog Anda. Jadi, sembari menunggu, usahakan untuk terus melakukan update di blog Anda.

    Sekian dan Jangan Lupa Bahagia!
    +Wisa Rahardi 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url