Cara Belajar Bisnis Online yang Baik dan Aman

Begini Cara Aman Mendapatkan Uang dari Internet).

Perlu digaris bawahi bahwa, membangun bisnis online juga tidak 100% gratis. Selalu ada biaya dibalik segala sesuatu. Namun biaya yang ditimbulkan tidaklah sebesar jika membangun bisnis konvensional. Berikut adalah beberapa langkah-langkah yang harusnya dilakukan jika hendak membangun bisnis online.

1. Menentukan Produk
Pertama-tama adalah menentukan apa yang akan Anda jual. Salah satu kelebihan bisnis online adalah apapun bisa diperjual belikan. Bisa jasa dari banyak aspek hingga produk-produk nyata seperti barang-barang dan sebagainya. Ini harus jelas dilakukan sejak awal agar kedepannya bisa terarah dan tidak salah jalan.

2. Membuat Blog atau Website
Selanjutnya adalah membuat wadahnya. Yakni situs baik berupa blog atau website profesional. Silahkan memilihnya, ada banyak pilihan di internet. Setelah dibuat tentu mengisinya dengan konten yang sesuai dengan pilihan.

(Baca: Cara Membuat Blog Gratis di WordPress)

3. Melakukan Promosi
Tahap ketiga yakni melakukan promosi. Promosi ini punya banyak pilihan. Cara paling gampangnya melalui pengiklanan di Google AdWords atau situs-situs serupa. Namun Anda juga tak boleh menyepelekan kekuatan sosial media, semisal Facebook, Twitter dan sebagainya.

Jika Anda tidak punya dana lebih menggunakan layanan pengiklan berbayar, berarti Anda harus memahami cara bersaing dihasil pencarian Google. Ilmu ini disebut SEO (Search engine optimization). Ada banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya dengan mengoptimalkan webmaster tools.

(Baca: Cara Menggunakan Webmaster Tools)

4. Membangun Kepercayaan
Apapun jenis bisnis yang Anda jalankan, kepercayaan adalah hal yang utama. Jika Anda membuat toko online, itu artinya kepercayaan menjadi nomor satu. Sekali saja Anda merusak repusati diri, maka kemungkinan besar bisnis Anda juga akan runtuh.

Membangun kepercayaan tidak hanya berlaku bagi bisnis Anda dan pengunjung, tetapi juga berlaku untuk diri pribadi. Anda sudah harus berpikir, bagaimana masa depan dan mengembangkan bisnis online yang sedang Anda kembangkan.

Ini penting karena, kepercayaan diri setiap orang akan menentukan sejauh mana bisnis yang ia bangun akan berlabuh.

(Baca: Bisnis Online Jadi Bisnis Masa Depan di Indonesia)

Masih banyak lagi hal yang harus diperhatikan dalam membangun bisnis online. Namun empat langkah diatas, adalah pondasi utama yang dibutuhkan untuk sebuah bisnis. Mengutip kata-kata Pramudya Anantha Toer, bahwa harapan itu indah. Maka berharaplah bisnis yang akan bangun akan berakhir indah.

Happy Blogging...!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url