Blogspot Sudah Bisa Menggunakan Protokol HTTPS

Satu lagi terobosan yang dilakukan oleh Google di September 2015. Setelah mengganti logo, merubah domain negara hingga ulang tahun yang ke-17, di penghujung September, Google masih menyisahkan satu kejutan, yakni sistem transmisi blogspot berubah menjadi HTTPS. Perubahan ini dimulai 30 September 2015.

(Baca Juga: Cara Mengganti Domain Blogspot Jadi .COM)

Ini tentu kabar gembira, karena hampir semua layanan Google sudah menggunakan protokol HTTPS, blogspot baru saja dihadiahi oleh sistem transmisi yang baru ini. Tapi sebelum jauh membahas soal HTTPS yang digunakan blogspot, ada baiknya simak dulu ulasan berikut tentang HTTP dan HTTPS.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Saya yakin, masih banyak yang bertanya tentang perbedaan HTTP dan HTTPS ini. Bahkan mungkin masih ada yang belum tahu kepanjangan dan fungsi HTTP.

HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol yang merupakan protokol yang dipakai oleh WWW ( World Wide Web). Dimana HTTP itu memberikan definisi bagaimana pesan dapat disampaikan dan diformat dari server menuju klien.

Sedangkan HTTPS kepanjangannya Hypertext Transfer Protocol Secure. HTTPS juga merupakan protokol yang dipakai oleh WWW dengan fungsi yang sama, yakni memberikan definisi terhadap pesan yang dapat disampaikan dan diformat dari server menuju klien tapi dengan satu kelebihan, yakni dikirim dengan sangat aman.

(Baca Juga: Dampak Positif dan Negatif Blogspot Jadi .CO.ID)

Kedua kode protokol ini memiliki pengertian yang sama namun berbeda sistem keamanannya. Orang akan lebih mempercayai situs atau web dengan protokol HTTPS dibanding HTTP.

Ketika kita ingin mengakses suatu browser dengan keamanan yang lebih terjaga, tentu browser dengan menggunakan HTTPS-la yang akan kita gunakan. Informasi yang kita kirimkan menggunakan HTTP kepada pihak kedua yaitu website yang tertera akan sangat mudah diambil alih (dihack) oleh pihak ketiga. Berbeda ketika telah menggunakan HTTPS, informasi yang kita kirimkan kepada pihak kedua tidak dapat diambil alih oleh pihak ketiga.

Aman bukan!.

Nah, sekarang blogspot sudah mendukung protokol HTTPS. Sebenarnya langkah ini terbilang lambat, karena Wordpress sudah sejak lama menggunakan HTTPS untuk blog gratisannya. Namun, apapun itu, langkah Google ini patut diapresiasi dan diterapkan.

Bagaimana Merubah Blogspot jadi HTTPS?

Yup, pertanyaannya sangat menarik. Suport yang diberikan blogspot ini, tidak serta merta berlaku untuk semua blog yang menggunakan sub domain blogspot. Sebagai pengguna, kita diberi kebebasan untuk memilih, apakah mau menggunakan HTTPS atau tidak.

Pilihan itu sudah ada dibagian setting blogspot Anda. Caranya:

  • Login ke Blogspot Anda
  • Lalu ke bagian Setelan dan pilih Dasar. Disana sudah terdapat setelan baru yang dimunculkan blogspot, namanya Setelan HTTPS. Silahkan pilih Ya untuk melakukan perubahan. 
Ini Jawaban Google Indonesia Soal Blogspot Jadi .CO.ID)

Dan bagi mereka yang sudah mengkripsi protokolnya jangan heran jika nantinya terdapat perubahan pada tampilan blog Anda. Bisa saja ada bagian di template atau widget Anda yang tidak mendukung HTTPS. Untuk hal ini, Google meminta pemilik blog untuk memperbaikinya sendiri.

Silahkan mencoba kawan-kawan, dan apabila sudah, tak ada salahnya berbagi pengalaman dipostingan ini.

Salam blogger dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url