Blogspot Ganti Template Jadi Tema dan 4 Desain Baru

Tampilan Baru Dashboard Blogger Lebih Segar dan Kekinian)

Tidak berselang lama dari menghilangnya tab Template, kembali blogspot memberi kejutan dengan desain tema yang baru. Setelah sekian lama desain standar template blogspot tak tergantikan perannya, kini dengan Tema baru yang hadir, semua hal yang berbau sederhana mulai tergantikan.

Perubahan ini memang tidak serta merta diterapkan. Namun kabar ini cukup menggembirakan. Karena desian yang ditampilkan blogspot saat ini telah mengikuti jaman. Lebih simple dan responsif. Artinya, tema blogspot tidak lagi memusingkan untuk mengubahnya dalam versi mobile.

Sadar tidak sadar, saat ini tampilan mobile satu website sangat penting. Karena pengguna smartphone di Indonesia telah tumbuh sangat pesat, bahkan jumlahnya melebihi jumlah penduduk Indonesia itu sendiri. Jadi kabar perubahan tema blogspot ini cukup membahagian dan memudahkan.

Tempalet dan Theme

Defenisi template dan theme sebenarnya sama. Yakni file PHP yang dikumpulkan bersama script lainnya seperti HTML, CSS dan lain sebagainya, bahkan gambar sekalipun yang bertujuan menjadi interface antara blogware atau CMS dengan pengunjung.

Sederhananya, template adalah tampilan blog yang muncul dilayar dekstop atau mobile. Dari tampilan inilah kadang semua informasi yang disajikan akan sampai dengan baik ke pembaca. Desain tampilan punya peran penting dalam menentukan nyaman tidaknya satu pengunjung berlama-lama di blog atau website kita.

Penyebutan template sendiri awalnya memang terkhusus untuk CMS blogspot semata. Ini dilakukan untuk membedakan penyebutan tampilan dari rivalnya Wordpress yang menyebut tampilan sebagai theme atau tema. Namun entah apa alasannya sampai blogspot saat ini pun mengubah nama tampilannya dari template menjadi tema.

Bagi pengguna Wordpress perubahan ini tentu saja tidak mengejutkan karena memang sedari awal mereka menggunakan istilah tersebut. Wordpress juga memiliki banyak varian tema yang bisa dipilih secara gratis. Mereka pula yang pertama kali memperkenalkan tema responsif untuk menyesuaikan tema dengan platfom apa yang digunakan.

Berkenalan dengan Tema Baru Blogspot

Saya awalnya tidak menghiraukan perubahan nama template menjadi tema di dasbor blogspot. Namun dua atau tiga hari yang lalu, ada informasi yang muncul secara pop up di dasbor blogspot saat saya mengaksesnya. Informasinya mengajak untuk mencoba tema baru blogspot.

Cara Menampilkan Iklan Adsense Youtube di Blog)

Belum maksimal dalam artian jenis iklan yang akan ditampilkan tidak selalu sesuai harapan. Tema baru ini pula mengedepankan widget iklan (adsense) yang sudah terpasang. Namun, pelan tapi pasti akan ada cara bagaimana menempatkan iklan dengan baik di tema yang baru.

Untuk merasakan sensasi baru tema blogspot ini silahkan mempelajarinya lebih lanjut di tab Tema, tepat dibawah tab Tata Letak. Caranya masih sama dengan cara mengganti template seperti biasa. Selamat mencoba dan ceritakan pengalaman Anda di kolom komentar untuk memberi penilaian atas tema baru ini.

Salam Blogger!
+Wisa Rahardi

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url