Apa Itu Pinterest dan Bagaimana Membuatnya?

Pinterest di Indonesia memang tidak sebooming Facebook atau Twitter. Namun di dunia, sosial media ini begitu sangat terkenal, utamanya bagi kaum hawa. Pinterest ialah sosial media yang fokus pada segmen foto atau gambar.

Dikutip dari laman Wikipedia, Pinterest dijelaskan ialah virtual pinboard dimana Anda mampu mengunggah foto atau gambar yang mampu dimasukkan kedalam kategori-kategori (semacam album atau folder) yang mampu di customize namanya.

Semisal kategori ‘food and drink‘ dimana berisi foto dan gambar makanan dan minuman yang Anda sukai. Anda juga mampu mengikuti akun lain dan re-pin pin milik akun lain (seperti retweet pada Twitter) tanpa harus mengikuti pemilik pinboard.

(Baca Juga: Cara Share Postingan Otomatis Kebanyak Sosial Media)

Bagi banyak blogger, Pinterest sangat besar peranannya, utamanya mereka yang senang membuatkan foto. Anda mampu memasang Tombol Pin di blog semoga memudahkan foto atau gambar Anda tersebar disosial media.

Pinterest lahir sekitar pada Maret 2010 silam. Tadinya sosial media bersifat beta yang bila seseorang ingin mendaftar maka harus mendapatkan “undangan” dari pengguna yang sudah terdaftar atau eksklusif dari pinterest.com.

Sang Pendiri, Ben Silbermann tidak pernah menyangka situs yang ia buat akan menjadi besar. Hingga dikala penggunanya mencapai 10.000 orang, Ben masih tetap sendiri mengelola sosial media tersebut. Baru di 2011 Ben membuka diri dengan banyak pihak.

Pada tahun itu juga, Majalah Time menyebut Pinterest sebagai salah satu dari "50 Website Terbaik tahun 2011”. Hingga final 2011, situs ini menjadi salah satu top 10 terbesar layanan jaringan sosial menurut Hitwise data, dengan 11 juta total kunjungan per minggunya.

Bulan berikutnya, Pinterest memiliki lintas aba-aba pengguna yang sangat besar dari situs-situs terkenal lainnya ibarat LinkedIn, YouTube dan Google + . Karena perkembangannya, Pinterest karenanya menarik juga minat para pengusaha sukses untuk berinvestasi sampai sekarang.

Dengan pertumbuhan yang massif, kini Pinterest telah memiliki 30 miliar pengguna di seluruh dunia.

Lalu bagaimana cara mendaftar Pinterest?

Memang sangat sayang, bila Anda belum memiliki akun Pinterest. Apalagi bila Anda menyukai membuatkan foto, gambar atau desain. Untuk mendaftar Pinterest, ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Buka Pinterest.com
  • Pada laman depan Anda akan diminta login/sign up. Bisa menggunakan akun Facebook atau menggunakan emai. Kita pilih menggunakan email saja. Masukkan email dan pasword lalu klik Sign Up
Pinterest di Indonesia memang tidak sebooming Facebook atau Twitter Apa Itu Pinterest dan Bagaimana Membuatnya?
  • Langkah selanjutnya, masukkan nama Anda, umur serta jenis kelamin. Setelah itu klik Come On In. 
Pinterest di Indonesia memang tidak sebooming Facebook atau Twitter Apa Itu Pinterest dan Bagaimana Membuatnya?
  • Tahap selanjutnya, Anda harus memilih minimal lima tema atau lebih yang sesuai dengan selera Anda. Jika sudah klik Follow
Pinterest di Indonesia memang tidak sebooming Facebook atau Twitter Apa Itu Pinterest dan Bagaimana Membuatnya?
  • Tahap selanjutnya, Anda diminta mencari teman. Jika mau menautkan akun Facebook atau Twitter lebih baik. Namun bila belum berniat mencari teman, klik Skip saja. 
Pinterest di Indonesia memang tidak sebooming Facebook atau Twitter Apa Itu Pinterest dan Bagaimana Membuatnya?
  • Nah, Akun Pinterest Anda telah jadi. Silahkan melaksanakan aktivasi. Bisa Anda lihat dibagian atas akun Anda, ada goresan pena berwarna kuning, itu ialah pemberitahuan aktivasi. Pinterest memang tidak secepat Facebook atau Twitter, Anda harus menunggu minimal 24 jam semoga mendapatkan email aktivasi. Silahkan menunggu. 
Pinterest di Indonesia memang tidak sebooming Facebook atau Twitter Apa Itu Pinterest dan Bagaimana Membuatnya?

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat video cara membuat akun Pinterest dibawah ini:


(Baca Juga: Cara Memasang Tombol Subscribe Youtube di Blog)

Konsep Pinterest ialah pengguna meng-upload, menyimpan, menyortir dan mengatur foto, yang dikenal dengan sebutan Pin dan banyak sekali konten media lainnya (seperti video). Semua pin itu dikoleksi dalam sebuah wadah yang disebut Pinboards.

Pinboards inilah yang umumnya bertema dan memilik kategori sendiri, sehingga pin dengan mudah dapat diatur, dikategorisasikan dan ditemukan oleh pengguna lain.

Pinterest bertindak sebagai platform media pribadi, dimana konten pengguna sendiri dan juga Pin orang lain dapat di-upload serta diakses pada halaman utama.

Pengguna kemudian dapat menyimpan pin favorit mereka ke salah satu papan mereka sendiri dengan menggunakan "Pin This" tombol. Konten juga dapat ditemukan di luar Pinterest dan juga upload ke papan/board melalui tombol "Pin It" yang dapat didownload ke bookmark kafe di browser web.

Yah... mirip-mirip Instagramlah. Namun Pinterest lebih banyak kegunaannya dari hanya sekedar share foto. Berikut kelebihan Pinterest.

  • Untuk penggemar fotografi maka di Pinteres sangat cocok dengan hobi tersebut dan semakin tersalurkan, alasannya disana terdapat banyak foto dan video yang dibagikan oleh pengguna Pinterest.
  • Untuk Blogger juga mampu memanfaatkan untuk mempromosikan blognya dengan cara share link blog (Pin URL Blog) serta dapat juga membuat Channel/Category Pin (yang disebut Board), dengan begitu akan lebih mudah membedakan ini Pin perihal Pendidikan, Teknologi, Pribadi dan lain-lain.
  • Dapat saling bertukar informasi
  • Dapat terhubung ke seluruh orang yang ada di dunia sehingga kita mampu mendapatkan banyak sekali macam sahabat baru
  • Sudah pula terintegrasi dengan Facebook dan Twitter

Ada kelebihan pasti ada juga kekurangannya, selain lamanya masa verifikasi, berikut ada beberapa hal yang tak enak di Pinterest.

  • Masih banyak fitur yang membingungkan untuk pengguna baru
  • Spam merajalela
  • Belum mendukung Bahasa Indonesia.

Tapi terlepas dari apapun itu. Saya rasa, Pinterest ialah salah satu sosial media yang juga patut diperhitungkan. Apalagi untuk blogger yang sedang menjalankan urusan ekonomi online. Menggunakan Pinterest akan jauh lebih ampuh, alasannya terhubung eksklusif keseluruh dunia.

Selamat mencoba!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url