5 Tahapan Seorang Blogger Dapat Uang dari Blognya


Mimpi menghasilkan uang dari blog bukanlah isapan jempol semata. Sudah banyak yang membuktikannya. Tidak hanya di luar negeri, di Indonesia pun sudah banyak. Salah satunya yah ini. Walau masih kecil, namun sudah berpenghasilan.

Uang yang dihasilkan dari blog tidak datang begitu saja. Uang itu dihasilkan dari proses monetisasi yang dilakukan. Website besar pun melaksanakan ini sampai karenanya bisa menghasilkan miliaran rupiah dalam sebulan.

(Baca: Ini Penghasilan 15 Media Online Terbesar di Indonesia)

Ada banyak website besar di dunia yang awalnya hanya berupa blog berubah menjadi menjadi raksasa pencetak uang. Berikut berikan lima tahapan yang harus dilewati seorang blogger supaya berpenghasilan dari blog.

1. Membuat Blog
Tahap pertama, tentu saja ialah membuat blog. Bagaimana akan menghasilkan uang kalau tidak punya blog. Namun ada hal yang harus diperhatikan sebelum membuat blog. Karena tidak semua blog itu bernilai materi.
  • Sebelum membuatnya, tentukan dahulu sasaran pembaca dan bagaimana tingkat ketertarikan mereka dalam satu tema. 
  • Pilih blog yang sesuai dengan keahlian Anda 
  • Buatlah blog dengan konten asli dan menarik, alasannya ialah dengan begitu konten-konten Anda akan bernilai tinggi, serta 
  • Buatlah blog semenarik mungkin dari segi tampilan
Lebih lengkapnya baca : Tutorial Lengkap Membuat Blog Blogspot Menjadi Profesional

2. Dapatkan 100 Pembaca Setia
Setelah blog dibuat, konten diisi dan semua pengaturan SEO diterapkan, selanjutnya ialah menerima pembaca setia. Minimal blog Anda harus memiliki 100 pembaca setiap hari dan maksimal sampai tidak terbatas.

Semakin banyak pengunjung dan pembaca, maka traffic semakin tinggi dan karenanya peluang menghasilkan uang dari blog makin besar. Ingat, syarat mutlak monetisasi blog ialah trafik yang tinggi.

Pertanyaannya kemudian, bagaimana menerima jumlah pembaca yang tinggi. Salah satunya ialah menjadi penulis tamu di blog orang lain. Itu kalau jaringan pertemanan blog Anda sudah banyak, kalau belum?

(Baca: 10 Cara Ampuh Meningkatkan Trafik Blog atau Website)

3. Membangun Otoritas Blog
Tahap ini mulai masuk sedikit berat bagi seorang blogger. Membangun otoritas atau konsistensi dalam ngeblog bukanlah perkara mudah. Namun, bila tujuannya ialah materi, maka hal ini harus dilakukan.

Layaknya sebuah bisnis, tentu Anda tak ingin kehilangan konsumen atau pengunjung blog setia Anda. Maka dari itu Anda perlu konsisten membuat konten yang baik dan mempostingnya secara rutin. Itu perlu!

4. Mulai Tahap Monetisasi
Setelah membangun blog dengan segala kelebihan yang ditawarkan, trafik juga sudah lumayan tinggi, Anda juga sudah konsisten membuat konten, maka langkah selanjutnya ialah memulai melaksanakan monetisasi.

Ada aneka macam pilihan untuk monetisasi blog yang tersedia di internet. Satu yang paling menjanjikan ialah Google Adsense. Namun, kalau boleh jujur, proses monetisasi blog dengan Google Adsense terbilang cukup lambat dibanding proses yang lainnya.

Olehnya itu, untuk trafik blog yang masih rendah ada baiknya menggunakan monetisasi dengan sistem affiliate. Namun bila ingin menghasilkan uang dalam jumlah besar, mulailah menjadi buzzer, endorsement, space iklan atau menjual produk Anda sendiri. Silahkan dicoba.

(Baca : 3 Cara Menghasilkan Uang dari Toko Online Lazada)

5. Terima Bayaran
Tahap yang terakhir ini yang paling ditunggu-tunggu. Mendapatkan bayaran dari proses yang telah dilakukan. Namun, jangan menghayal terlalu tinggi, alasannya ialah penghasilan satu blogger dengan blogger lainnya tidak sama. Ada yang besar ada yang kecil, bahkan ada yang belum ada. Semua itu tergantung pada taktik monetisasi yang dijalankan.

Seorang blogger bisa menerima bayaran setelah semua kerja keras ia lakukan. Ingat proses ini bukanlah proses instan. Anda harus berjuang dan bekerja dengan keras sampai bisa menghasilkan uang. Maka tidak salah kalau blog juga disebut investasi jangka panjang.

Semoga bermanfaat dan Jangan Lupa Bahagia!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url