10 Web Hosting Paling Terekomendasi di Indonesia



Jumlah domain yang terdaftar di dunia terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Data yang dilansir webhosting.info menyatakan, sampai April 2017 jumlah domain yang aktif sebanyak 159.702.918. Jumlah ini diprediksi akan terus meningkat dibarengi kian meratanya internet di seluruh dunia.

Pertumbuhan ini juga terjadi di Indonesia. Ditandai dengan kian banyaknya perusahaan yang menjadi DNS Provider atau perusahan yang menyediakan atau mendaftarkan Domain Name System. Hal ini mendorong makin banyaknya Web Hosting  atau perusahaan penyewaan kawasan untuk menampung data-data untuk website.

Dengan total penduduk mencapai 260 juta, Indonesia menjadi pasar empuk teknologi utamanya kebiasaan berselancar di internet. eMarketer tahun 2017 mencatat pengguna internet di Indonesia menembus angka 112 juta orang. Jumlah tersebut membuat posisi Indonesia di urutan ke empat dunia sebagai pengguna internet terbanyak.

eMarketer juga mencatat jumlah pengguna internet di dunia akan mencapai 3,6 miliar orang pada tahun 2018. Itu artinya, urusan ekonomi di sektor ini sangat menjanjikan. Maka tidak ada salahnya masuk dan mengubah referensi pikir dari konvensional ke digital minded. Tidak ada salahnya juga mengkonversi semua jenis urusan ekonomi jadi digital.

(Baca Juga: Blogger Sudah Kaprikornus Profesi Menjanjikan di Indonesia)

Untuk mengkonversi urusan ekonomi konvensional ke digital hal paling utama yang diharapkan yaitu website atau blog. Sedangkan untuk membuatnya diharapkan domain dan hosting atau server. Jika banyak yang mengatakan lebih baik memakai yang gratis, maka untuk urusan ekonomi sangat saya sarankan jangan menggunakan domain atau hosting gratis.

Hal ini berkaitan bersahabat dengan lancar tidaknya urusan ekonomi yang kita jalankan. Coba saja cek perusahaan besar di dunia, website utamanya tidak ada yang memakai website atau blog gratis. Semuanya perlu nampak profesional. Salah satu caranya dengan membuat website dengan memakai hosting dan domain berbayar.

Karena web hosting di Indonesia jumlahnya bejibun, tidak sedikit orang yang kemudian bingung. Secara kasat mata jumlah web hosting di Indonesia memang banyak, tapi tidak semua punya rekam jejak yang baik. Banyak diantaranya yang sangat tidak dianjurkan. Karena itulah postingan ini saya buat.

(Baca Juga: Melihat Potensi Blog Anda 10 Tahun Kemudian)

Memilih web hosting yang sempurna juga akan menentukan arah urusan ekonomi kedepannya. Berikut rekomendasikan 10 web hosting yang punya track record baik dan sudah melayani ribuan pelanggan dan tidak terjadi apa-apa. Daftar ini tidak menyampaikan peringkat sehingga semuanya sama rata.


1. Dewaweb

Web hosting Dewaweb mulai beroperasi di Indonesia semenjak tahun 2014, kini telah mengelola puluhan ribu domain. Secara umum ada empat layanan utama yang disediakan Dewaweb, mulai Cloud Hosting untuk Personal dan urusan ekonomi kecil, Cloud Hosting untuk perusahaan sampai Cloud Servers (VPS) dengan harga terjangkau.

Mereka memiliki SSD Server di 15 negara, mulai dari Asia, Amerika sampai Eropa. Suport yang diberikan Dewaweb juga termasuk jempolan. Bahkan pernah suatu ketika saya harus menghubungi eksklusif pihak Dewaweb diluar jam kerja dan tetap direspon dengan baik. Silahkan cek harga web hostingnya disini.

2. Domainesia

Domainesia memulai bisnisnya di Indonesia semenjak tahun 2009. Saat ini telah mengelola layanan domain dan hosting dari 25.000 customer. Mereka juga sudah beroperasi sampai ke luar negeri. Selain menyediakan registrasi domain, hosting dan menjual virtual server, Domainesia juga menjual web aps dengan banyak varian.

Salah satu blog pribadi saya menggunakan layanan Domainesia dan sejauh ini tidak pernah mengalami masalah. Suport yang diberikan juga baik dan ramah. Layanannya berlaku 24 jam serta harga yang ditawarkan untuk beragam layanan produk juga kompetitif.

Gunakan kupon untuk dapat diskon 20% di Domainesia. Masukkan kupon di kolom Kode Promosi ketika ingin melalukan pembayaran.

3. Masterweb

Terus terang, saya belum pernah menggunakan layanan Masterweb. Tapi dari beberapa sobat yang jadi penghuni tetapnya, web hosting ini sangat mereka rekomendasikan. Selain punya harga layanan yang murah, mereka terbukti handal dalam menjaga nama baik dan customernya.

MWN telah beroperasi di Indonesia selama 15 tahun. Selain domain, hosting dan server, mereka juga menyediakan jasa pembuatan website siap saji secara gratis. Fitur inilah yang membuatnya jadi web hosting paling disegani sejauh ini. Jika mau melihat layanan dan harga paketnya gunakan link ini.

4. Hostinger

Hostinger masih bab dari jaringan Grup Hostinger International Ltd. Jaringan ini telah bangkit semenjak tahun 2004 dan masuk ke Indonesia tahu 2011. Grup ini tercatat memiliki beberapa web hosting yang beroperasi di Indonesia. Beberapa diantaranya bahkan sangat besar dengan domian teregistrasi mencapai ribuan setiap pekan.

Hostinger menyediakan banyak fasilitas dengan harga yang kompetitif, meski beberapa orang menyebut harganya lebih mahal, namun layanan yang diberikan sesuai dengan harga yang ditawarkan. Jika mau melihat daftar layanan dan harganya silahkan cek dilink ini.

5. Niagahoster

Web hosting yang satu ini termasuk salah satu yang banyak mendapat review positif. Perusahaan dibawah naungan PT. Web Media Technology Indonesia ini bahkan mengantongi angka 9 dari 10 berdasarkan 1404 orang yang melaksanakan rating setelah menggunakan produk Niagahoster.

Empat hal yang selalu jadi perhatian pengguna yaitu harga, server, support dan fitur. Semuanya mendapat nilai baik di Niagahoster. Saya pun menitipkan beberapa website clien di Niagahoster dan sejauh ini tidak pernah ada kendala. Tidak salah beberapa orang saya rekomendasikan menggunakan Niagahoster untuk bisnisnya.

Gunakan kupon untuk dapat diskon 40% di Niagahoster. Masukkan kupon di kolom Kode Promosi ketika ingin melalukan pembayaran.

6. Indowebsite

Indowebsite telah menjalankan bisnisnya di Indonesia semenjak tahun 2005. Saat awal-awal beroperasinya beberapa kali mendapat review negatif, namun semakin lama ia bertahan dan membeli layanan, Indowebsite berkembang menjadi jadi web hosting terkemuka di Indonesia, layanannya pun tidak asal-asalan.

Harga yang ditawarkan Indowebsite memang sedikit mahal dibandingkan web hosting lainnya. Namun pelayanan dan ketahanan servernya telah membuat perusahaan ini tetap eksis dan disenangi banyak webmaster. Berada dibawah naungan PT. Tujuh Ion Indonesia, berikut daftar harga dan layanannya.

7. IDwebhost

Web hosting ini termasuk salah satu yang tertua di Indonesia. Meski tampilan webnya kurang menarik, namun layanan yang diberikan IDwebhost jempolan. Mereka berada dibawah PT. JC Indonesia atau dulunya terkenal dengan nama CV JogjaCamp.

Meski perusahaan ini tidak gencar berpromosi, namun market sharenya di Indonesia mencapai 59.4%. Yang artinya 59.4% domain yang didaftarkan di Indonesia melalui IDwebhost. Untuk melihat paket dan harganya silahkan mengunjungi link berikut, mereka kadang melaksanakan promo untuk waktu-waktu tertentu.

8. Jakarta Webhsoting

Perusahaan ini bangkit semenjak tahun 2009, ibarat namanya Jakarta Webhosting berada di Jakarta, namun melayani pesanan untuk seluruh Indonesia bahkan dunia. Jakarta Webhosting memiliki banyak layanan dengan harga yang juga kompetitif. Mereka berada dibawah payung hukum PT. Teknologika Integrator Indonesia.

Salah satu keunggulan Jakarta Webhosting yaitu layanan web hostingannya lengkap, bahkan membuka kesempatan untuk jadi reseller. Harga Dedicated Servernya termasuk yang terjangkau di Indonesia. Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi websitenya melalui link berikut.

9. BOC Indonesia

BOC atau Bali Orange Communications yaitu perusahaan web hosting yang terbilang sudah renta namun masih beroperasi. Perusahaan ini awalnya memperkenalkan brand Baliorange.net, namun kemudian bertransformasi menjadi BOC. Sepertinya namanya, BOC berasal dari Bali dengan mengusung buah khas jeruk bali yang berwarna orange.

Sejak 2003, perusahaan ini terus memberi layanan bukan hanya di Bali tapi seluruh Indonesia bahkan dunia. Produk dan layanannya yang baik membuat BOC jadi salah satu web hosting terpandang di Indonesia. Jika mau melihat daftar harga dan layanannya kunjungi link berikut. Dijamin tidak menyesal!

10. Beon

Beon termasuk web hosting yang gres bangkit di Indonesia. Meski gres masuk ke Indonesia, Beon bukanlah pemain gres di urusan ekonomi web hosting. Mereka selama ini bekerja melalui merek dagang Jagoan Hosting dan telah beroperasi selama 8 tahun di Indonesia. Jagoan Hosting masih aktif sampai sekarang.

Beon dimiliki oleh PT. Beon Intermedia dan termasuk salah satu web hosting dengan pertumbuhan tercepat. Salah satunya alasannya alasannya yaitu mereka punya banyak produk inovatif yang jarang dimiliki web hosting lainnya. Silahkan kunjungi link berikut untuk info lebih lanjut.

Itulah 10 web hosting yang rekomendasikan untuk keperluan urusan ekonomi atau website pribadi Anda. Sebagian besar web hosting diatas telah saya gunakan dan mendapat respon positif dari penggunanya. Rata-rata web hosting diatas juga merupakan perusahaan besar dengan klien yang banyak.

(Baca Juga: Apa Yang Dilakukan Orang Indonesia di Internet?)

Mereka juga bukan reseller atau web hosting yang menjual produk web hosting lainnya. Rata-rata memiliki DNS dan Server sendiri. Kaprikornus usahakan sebelum memutuskan pilihan membeli paket domain dan hosting di penyedia jasa, cari tahu dulu apa ia reseller atau bukan. Lebih afdol membeli disumbernya langsung.

Semoga bermanfaat, bila pun masih ada web hosting lain yang direkomendasikan silahkan usulkan di kolom komentar dibawah ini.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url