© 2019 BungMais. All rights reserved. Design by: BungMais.com

Apa Itu Google Discover & Mengapa Penting Untuk SEO

Apa Itu Google Discover & Mengapa Penting Untuk SEO

Apa Itu Google Discover & Mengapa Penting Untuk SEO

Apa Itu Google Discover & Mengapa Penting Untuk SEO - Google Discover menawarkan kepada konten-konten yang menarik kepada pengguna tanpa kueri yang sesuai dengan minat dan preferensi unik mereka. Ini mempelajari apa yang disukai pengguna dan menyarankan konten baru berdasarkan aktivitas pencarian sebelumnya dan interaksi dengan aplikasi Google Discover.

Beberapa pengguna mungkin akrab dengan nama Discover sebelumnya – Google Feed. Setelah fitur tersebut mencapai 800 juta pengguna aktif per bulan, kualitasnya ditingkatkan dan nama baru diberikan, Discover. Tentu saja, rebranding bukan satu-satunya hal yang diubah Google sejak nama dan tampilan baru diumumkan secara resmi pada 2018.

Pelajari lebih lanjut tentang Google Discover dan pengaruhnya terhadap pengoptimalan mesin telusur (SEO).

Apa Itu Google Discover?

google temukan logoGoogle Discover adalah umpan yang dikuratori oleh Google untuk mengirimkan artikel dan video di perangkat seluler. Konten yang dikirimkan kepada pengguna dipersonalisasi melalui pencarian dan cerita terkait. Pengguna juga memiliki kesempatan untuk menyesuaikan lebih lanjut apa yang mereka lihat di umpan mereka dengan mengikuti topik yang mereka minati. Hasil di aplikasi Discover berubah secara teratur berdasarkan konten yang baru diterbitkan dan minat pengguna.

Untuk pembuat konten, Google Discover dapat menjadi pendorong lalu lintas yang sangat kuat ke situs web. Umpan Google Discover biasanya berisi campuran artikel berita dan konten hijau. Ada penekanan utama pada visual, seperti fotografi dan video. Sebelum rebranding Google Discover, aplikasi ini memiliki tata letak yang lebih berbasis teks yang sebagian besar terdiri dari tajuk utama, deskripsi meta, dan foto sesekali.

Mengakses Google Discover itu sederhana. Aplikasi Google diinstal secara default di hampir semua perangkat Android dan iPhone. Jika aplikasi tidak ada, itu dapat diinstal secara gratis dari Google Play atau App Store. Setelah menginstal, masuk ke aplikasi dengan akun Google. Buka Google App dan di bawah bilah pencarian akan ada daftar kartu Google di tab 'Temukan' untuk mereka yang menggunakan Android atau 'Beranda' untuk mereka yang memiliki perangkat iOS.

Bagaimana Cara Kerja Google Discover?

Ketika Google mengungkapkan niatnya untuk mengubah citra fitur yang secara resmi dikenal sebagai Google Feed, dilaporkan akan membuat transisi ini dalam tiga tingkat. Salah satu perubahan ini melibatkan perpindahan dari kueri ke penyediaan cara tanpa kueri untuk mendapatkan informasi yang relevan. Meskipun fungsi Google Discover mirip dengan Google Feed, beberapa pembaruan signifikan telah dilakukan sejak implementasinya.

Pertama, penting untuk dipahami bahwa cara Google menyediakan konten relatif sama. Mesin pencari terus menampilkan konten berdasarkan riwayat pencarian pribadi pengguna, serta beberapa Google Al. Dengan Google Discover, pengguna akan menemukan konten yang lebih relevan dengan semakin sering mereka berinteraksi dengan aplikasi. Beberapa perbedaan utama antara Google Discover dan Google Feed meliputi:

  • Nama – Seperti yang disebutkan sebelumnya, Google Discover menerima nama baru selama perombakan. Google telah melaporkan bahwa nama baru lebih mencerminkan misinya untuk memberikan konten segar dan menarik kepada pengguna.
  • Tampilan – Desain ulang juga menampilkan tampilan baru yang lebih menarik secara visual. Pengguna mungkin melihat tajuk topik baru dan ikon Temukan. Setelah pengguna mengklik tajuk, mereka memiliki opsi untuk Mengikuti minat.
  • Konten yang Diperbarui – Google terus menambahkan konten baru ke halaman Discover-nya setiap saat. Google Feed sebagian besar menampilkan konten terkait berita. Namun, Google kini telah memasukkan konten yang selalu hijau untuk membuat pengguna tetap tertarik.
  • Lebih Banyak Kontrol – Pembaruan lain yang dinikmati banyak pengguna adalah kontrol yang lebih besar atas apa yang mereka lihat. Lihat di bagian bawah setiap kartu dan akan ada ikon Kontrol yang dapat diketuk pengguna untuk memberi tahu Google jika mereka ingin melihat lebih banyak atau lebih sedikit konten tertentu.
  • Kenyamanan – Google Discover sekarang tersedia di Beranda, bukan hanya tersedia di aplikasi seluler Google. Dengan Discover yang tersedia di semua browser seluler Google, pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan topik menyenangkan di feed mereka.
  • Optimasi – Banyak bisnis telah menemukan bahwa Google Discover memainkan peran kunci dalam strategi SEO mereka. Namun, konten harus memenuhi pedoman tertentu sebelum Google menampilkannya di Discover.

Mengapa Google Discover Penting Untuk SEO?

Sementara kebanyakan orang tahu bahwa SEO adalah komponen penting dari pembuatan konten, banyak bisnis yang tidak terlalu fokus pada Google Discover sebagaimana mestinya. Google Discover penting untuk SEO karena merupakan aspek utama Google Penelusuran yang memungkinkan pengguna untuk tetap mendapatkan informasi terbaru tentang topik yang penting bagi mereka.

Pengguna memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi data baru yang tersedia dalam berbagai jenis konten, seperti blog dan video. Discover juga tidak membatasi kemampuannya untuk hanya menampilkan konten baru tetapi memungkinkan posting artikel apa pun terlepas dari tanggal publikasi.

Discover tetap menjadi bagian penting dari strategi konten apa pun karena fitur pelaporannya di Search Console memungkinkan bisnis melihat analisis kinerja konten mereka. Memiliki akses ke data ini dapat membantu bisnis mengoptimalkan konten mereka dengan lebih baik, peringkat lebih tinggi di mesin telusur, dan meningkatkan peluang mereka untuk muncul di Google Discover.

Apakah Konten Blog Saya Memenuhi Syarat Untuk Visibilitas Di Google Discover?

Tidak semua konten memenuhi syarat untuk ditempatkan di Google Discover. Untuk mencapai visibilitas, ada prosedur tertentu yang harus diterapkan untuk meningkatkan peluang seseorang muncul di feed. Pedoman Webmaster Google menguraikan apa yang diharapkan Google untuk dilihat dari situs web. Minimal, situs web harus diindeks, diverifikasi, dan mematuhi kebijakan konten Google Berita.

pengindeksan blog

Gambar 3.1

Gambar 3.1 adalah contoh pengaturan yang harus disetel untuk posting Anda agar Google dapat mengindeksnya. 321 Web Marketing menggunakan Yoast SEO , alat pengoptimalan SEO yang populer.

Cara Mengoptimalkan Untuk Google Discover

Google Discover telah ditemukan sebagai sumber lalu lintas web yang sangat berharga bagi pemasar. Namun, penting untuk mengetahui cara mengoptimalkan konten untuk Google Discover menggunakan SEO dan praktik lain yang memungkinkan bisnis mencapai visibilitas yang lebih besar dan membangun otoritas merek lebih cepat.
Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk mengoptimalkan Google Discover:

1. Buat Konten Blog yang Hebat

Google Discover tidak memilih konten untuk dipublikasikan secara acak. Alih-alih, ia menelusuri web untuk konten berkualitas tinggi, menarik, dan menarik yang kemungkinan besar akan memberikan pengalaman pengguna yang baik. Untuk alasan ini, penting bagi bisnis untuk membuat konten blog yang sangat baik di atas segalanya.

Tentu saja, bisnis tidak harus menulis konten mereka sendiri untuk mencapai posisi di umpan Google Discover. Sebagai gantinya, mereka dapat mengalihdayakan pembuatan konten ke penulis lepas profesional yang akan memberikan konten asli dan berkualitas dengan imbalan pembayaran.

Membentuk hubungan jangka panjang dengan pembuat konten adalah kuncinya karena Google mencari situs web yang mempublikasikan konten blog secara teratur. Memposting secara teratur akan membantu meningkatkan peluang bisnis untuk muncul di umpan Discover.

2. Dapatkan Pengikut

Setelah bisnis mempublikasikan konten mereka di Google Discover, penting untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mempertahankan konten di aplikasi. Bisnis harus secara teratur mengingatkan audiens mereka untuk mengikuti mereka di Google Discover. Discover memungkinkan pengguna untuk menentukan topik konten dan merek apa yang ingin mereka ikuti. Saat pengguna Mengikuti merek tertentu, ini memberi tahu Google bahwa orang telah menikmati konten atau topik dan menunjukkan lebih banyak dari merek ini.

Setelah pengguna mengikuti merek, Google akan memperingatkan mereka setiap kali ada konten baru yang diposting dari merek tertentu. Proses ini dapat membantu meningkatkan keterlibatan dan menarik pembaca baru ke blog. Semakin banyak orang yang menambahkan blog tertentu ke minat Discover mereka, semakin Google mengetahui bahwa konten tersebut relevan dengan audiens.

3. Bangun Kepercayaan Dengan Pembaca

Membangun kepercayaan dengan pembaca adalah cara terbaik untuk mengoptimalkan Google Discover. Meskipun ada banyak cara untuk membangun kepercayaan, media sosial tetap menjadi salah satu metode yang paling efektif. Ketika bisnis dapat membuat orang menyukai, berkomentar, dan membagikan konten mereka, itu dapat mengembangkan kepercayaan dan meningkatkan SEO. Semakin banyak konten dibagikan di media sosial, semakin banyak sinyal sosial yang dihasilkan yang meningkatkan popularitas merek dan menilai konten mereka lebih tinggi.

Untuk alasan ini, membangun kepercayaan dengan pembaca adalah cara yang efektif bagi Google untuk mengenali konten sebagai dapat dipercaya dan untuk meningkatkan peluang merek untuk muncul di umpan Discover. Namun, membuat orang menyukai, mengomentari, dan membagikan kiriman berarti membuat konten yang benar-benar ingin dibaca orang. Ini membutuhkan pembuatan konten luar biasa yang tidak tersedia di tempat lain di web.

4. Tingkatkan Keterlibatan Sosial

Cara selanjutnya untuk mengoptimalkan Google Discover adalah dengan meningkatkan keterlibatan umpan media sosial. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sinyal sosial dapat memiliki pengaruh positif pada SEO. Ketika bisnis mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan keterlibatan umpan sosial mereka, mereka dapat secara drastis meningkatkan peluang mereka untuk muncul di Umpan Temukan.

akun sosial mendatangkan lalu lintas

Gambar 4.1

Semakin banyak suka, komentar, dan bagikan yang diterima blog, semakin tinggi peringkatnya seiring dengan meningkatnya tingkat keterlibatan. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan keterlibatan sosial adalah dengan membuat dan mempublikasikan konten yang bermanfaat secara teratur. Blog yang relevan dan selalu hijau telah ditemukan untuk mengarahkan lalu lintas yang konsisten. Postingan harus dibagikan di berbagai saluran untuk menarik lebih banyak pengunjung kembali ke situs web. Bisnis juga harus memberi tahu pengikut mereka untuk berbagi konten dengan teman-teman mereka di web dan mendorong mereka untuk meninggalkan komentar.

Gambar 4.1 menunjukkan lalu lintas akun sosial untuk salah satu dari 321 klien Pemasaran Web. Posting media sosial mereka menyalurkan lalu lintas langsung ke situs web mereka.

5. Optimalkan Untuk AMP

Kecepatan adalah faktor pendorong dalam peringkat Google dan cara terbaik untuk mencapai kecepatan lebih adalah dengan mengoptimalkan situs web untuk Google Accelerated Mobile Pages (AMPs). Dengan AMP, pengguna dapat mengharapkan pemuatan hampir instan yang menghasilkan pengalaman pengguna yang lebih menyenangkan yang dapat diakses dari perangkat apa pun, termasuk desktop, laptop, tablet, dan ponsel cerdas.

Semakin cepat halaman dimuat, semakin banyak kepuasan yang dialami pengguna di situs web. Sebagai perbandingan, halaman web yang memuat lambat dapat menyebabkan pengguna mengklik dan membuka situs web pesaing. Situs web yang memuat lambat juga akan mengurangi peluang bisnis untuk mendapatkan peringkat di SERP dan dipublikasikan di Google Discover. Fitur laporan Discover menyediakan opsi perbandingan untuk menampilkan kinerja AMP dan non-AMP. Singkatnya, pengoptimalan AMP dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik kepada pengguna dan meningkatkan peluang bisnis untuk muncul di feed Discover.

6. Tempatkan Fokus Pada Visual

Salah satu perbedaan terbesar antara Google Discover dan desain sebelumnya seperti Feed adalah penggunaan materi visual berkualitas tinggi. Google lebih menekankan pada foto dan video di aplikasi Discover. Menurut HubSpot, 87 persen pemasar konten video melaporkan bahwa ada korelasi langsung antara lalu lintas web dan penerbitan video.

Kualitas visual juga memainkan peran utama dalam efektivitasnya. Foto dan video harus tajam dan jelas mencerminkan konten yang sedang digambarkan. Idealnya, gambar harus memiliki lebar minimal 1.200 piksel karena Google memerlukan foto berkualitas tinggi untuk muncul di Discover. Pertimbangkan untuk menggunakan berbagai visual untuk menyempurnakan postingan blog, seperti infografis, GIF, tangkapan layar, meme, kutipan, dan visual berbasis data. Untungnya, ada ratusan layanan fotografi stok yang tersedia yang memudahkan untuk menemukan gambar berkualitas tinggi untuk hampir semua topik yang dapat dibayangkan.

7. Mematuhi Praktik Terbaik SEO

Salah satu cara untuk diperhatikan oleh Google Discover adalah dengan mengikuti praktik terbaik SEO dasar. Praktik ini dirancang untuk membantu meningkatkan pengalaman pengguna dan mengarahkan lalu lintas ke situs web. Bisnis harus ingat bahwa pengguna juga akan kembali ke situs web jika mereka memiliki pengalaman yang baik untuk pertama kalinya. Mematuhi praktik terbaik SEO dapat membantu memastikan tidak hanya peringkat halaman yang baik, tetapi juga memenuhi harapan pengguna akhir.

Beberapa contoh praktik terbaik SEO mencakup peningkatan kecepatan situs, situs ramah seluler, situs web yang responsif seluler, dan situs web yang aman dengan sertifikat lapisan aman (SSL). Memperoleh sertifikat SSL memungkinkan bisnis untuk mengalihkan URL mereka dari HTTP ke HTTPS, yang merupakan sinyal peringkat Google.

8. Pastikan Halaman Dapat Dirayapi

Jika Google tidak dapat menemukan halaman web, mereka pasti tidak dapat mempublikasikannya ke umpan Discover. Pastikan semua halaman web dapat dirayapi untuk memudahkan Google merayapi dan mengindeks setiap halaman dengan cepat karena ini merupakan langkah penting untuk muncul di Discover.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan bisnis untuk mendorong Google mengindeks halaman web mereka lebih cepat. Mulailah dengan membuat peta situs XML untuk semua halaman situs web. Peta situs menyediakan data berharga, pembaruan halaman baru, dan informasi lain yang memungkinkan Google merayapi dan mengindeks situs web lebih cepat. Bisnis juga dapat menggunakan alat lain untuk memastikan bahwa laman web mereka dapat dirayapi, seperti Yoast atau Google Search Console .

9. Tinjau Kebijakan Penerbitan Google

Google telah mengungkapkan bahwa mematuhi kebijakan penerbitan konten mereka sangat penting untuk bisnis yang ingin muncul di Google Discover. Ini berarti bahwa semua posting blog, posting berita, dan jenis konten lainnya harus mengikuti Pedoman Google Berita, serta Pedoman Webmaster Google. Bisnis harus meninjau pedoman ini dengan cermat dan memastikan bahwa setiap konten yang mereka buat memenuhi kepatuhan agar berpeluang muncul di feed.

Alasan untuk membuat pedoman yang ketat ini adalah untuk sekali lagi meningkatkan pengalaman pengguna. Konten yang memenuhi kebijakan penerbitan Google lebih mungkin membantu pencari menemukan konten yang mereka cari dengan cepat dan efisien. Untuk memenuhi pedoman ini, konten harus orisinal, bertujuan, segar, dan menjawab pertanyaan pengguna. Jika sebuah bisnis menerbitkan ulang konten lama, mereka harus ingat untuk memperbaruinya dengan ide-ide baru.

10. Dapatkan GMB

dari google bisnis saya

Gambar 4.2

Jika bisnis belum membuat halaman Google Bisnisku (GMB), tidak ada waktu yang lebih baik dari sekarang untuk menyelesaikan tugas penting ini. Google Bisnisku adalah direktori yang dibuat oleh Google yang menyajikan hasil berdasarkan kueri pengguna. Banyak orang mengandalkan internet untuk menemukan barang atau jasa dan GMB dapat menghubungkannya dengan bisnis lokal yang menawarkan layanan tersebut. Ini juga memberikan deskripsi bisnis, serta informasi kontak seperti alamat, nomor telepon, dan situs web.

Bisnis yang memiliki kehadiran Google Bisnisku lebih cenderung muncul di Google Discover daripada bisnis yang mengabaikan langkah penting ini. Tujuan utama Google adalah memberi pengguna yang paling cocok dengan kueri mereka. Google melihat berbagai macam data saat memutuskan konten apa yang akan muncul di Discover, seperti cuplikan kaya, panel grafik pengetahuan, dan carousel gambar.

Gambar 4.2 menunjukkan profil yang muncul setelah mengoptimalkan Google Bisnisku. Odin, Feldman, & Pittleman, PC , salah satu dari 321 klien Pemasaran Web, telah menerima 13 ulasan klien melalui akun Google Bisnisku, meningkatkan reputasi merek mereka, dan dengan demikian, kemungkinan konten mereka dapat ditampilkan di Google Discover.

11. Publikasikan Konten Evergreen

Siapa pun yang terlibat dalam SEO mungkin pernah mendengar istilah konten 'hijau'. Konten evergreen mengacu pada konten SEO yang tetap segar dan terus relevan bagi pembaca. Apa yang membuat konten evergreen begitu berharga adalah karena dianggap berkelanjutan dan tahan lama. Ini akan terus relevan dalam beberapa hari, minggu, bulan dan mungkin bertahun-tahun ke depan.

Membuat dan memublikasikan konten yang selalu hijau sangat penting bagi bisnis yang ingin mendapatkan tempat di Google Discover. Ini karena Discover selalu memberi pengguna campuran konten baru dan yang selalu hijau berdasarkan riwayat pencarian dan preferensi pengguna. Menerbitkan konten yang selalu hijau juga terbukti dapat melibatkan pembaca, mengarahkan lalu lintas, dan meningkatkan pengalaman pengguna. Setelah sebuah posting mendarat di Discover, itu akan terus muncul di feed dan mengarahkan lalu lintas organik kembali ke situs web.

12. Melayani Minat Pembaca

Tidak semua konten memiliki apa yang dicari Google saat menemukan postingan untuk dipublikasikan di Discover. Faktanya, Google sering mencari konten yang sangat emosional dan memenuhi minat unik pembaca. Contoh konten yang sangat emosional termasuk blog tentang selebriti yang mengajukan gugatan cerai, skandal kecurangan, simbol x-rated, penggunaan narkoba, saran hubungan, foto skandal, kematian tokoh politik, dan topik serupa yang dirancang untuk memengaruhi emosi pembaca.

Saat membuat konten untuk blog atau situs web, penting untuk memenuhi minat pembaca dan mempertimbangkan apa yang mungkin dia pikirkan atau rasakan ketika mereka membaca konten tersebut. Jika konten tidak membangkitkan emosi, pertimbangkan untuk mengevaluasi kembali topik atau mengubah judul untuk menarik pembaca.

13. Dengan Waspada Terhadap Judul Clickbait

Ada kesalahpahaman umum bahwa menggunakan judul clickbait akan membantu bisnis dioptimalkan untuk Google Discover. Meskipun benar bahwa judul clickbait dapat mendatangkan audiens yang lebih besar karena judul-judul ini cenderung lebih memikat, Google telah memperjelas bahwa itu tidak mengizinkan clickbait, terutama di Discover. Sebaliknya, Google merekomendasikan menggunakan judul halaman yang mencerminkan esensi konten tetapi tanpa menggunakan clickbait atau taktik lain yang dirancang untuk mencapai keterlibatan palsu atau menyesatkan pengguna.

Jadi, apa sebenarnya clickbait itu? Clickbait mengacu pada konten yang ditulis khusus untuk menarik perhatian atau mendorong orang untuk mengklik link tertentu dalam halaman web. Beberapa bisnis menyalahgunakan clickbait untuk mendapatkan klik sebanyak mungkin untuk meningkatkan pendapatan iklan mereka. Masalah dengan judul clickbait adalah bahwa banyak perusahaan menghargai mendapatkan klik daripada menghasilkan konten berkualitas.

14. Ajukan Pertanyaan di Headlines

contoh blog dengan pertanyaan di headline

Gambar 4.3

Cara lain agar bisnis dapat meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan tempat di Discover adalah dengan memasukkan pertanyaan ke dalam berita utama mereka. Menambahkan pertanyaan ke judul telah terbukti mendorong rasio klik-tayang (RKT) yang tinggi di Discover. Pemasar telah menerbitkan konten dengan pertanyaan yang diajukan di berita utama selama bertahun-tahun dan untuk alasan yang bagus. Jenis judul ini mendorong orang untuk mengklik atau menggulir untuk menemukan jawaban atas pertanyaan penting.

Mengajukan pertanyaan di berita utama juga dapat menguntungkan SEO karena banyak pertanyaan mesin pencari sebenarnya adalah pertanyaan. Ketika pengguna pergi ke mesin pencari untuk menemukan informasi, mereka sering menulis kueri sebagai pertanyaan, seperti "Mengapa kucing mengeong?" Saat sebuah bisnis membuat konten dengan kueri yang cocok, kemungkinan besar akan berperingkat lebih tinggi di mesin telusur dan mungkin di Discover.

Gambar 4.3 memberikan contoh blog yang sebelumnya diposting oleh 321 Web Marketing dengan pertanyaan di judulnya.

15. Tulis Pada Topik Niche

Saat mencari konten untuk diposting di Discover, Google mencari berbagai hal, seperti kemampuan situs web untuk membuat konten yang secara akurat menargetkan minat pengguna. Ini mengacu pada minat khusus dan khusus yang mungkin dicari audiens yang sangat spesifik.

Konten niche mengacu pada konten yang dibuat untuk audiens tertentu untuk mendorong hasil yang kuat. Pengembangan posting niche dapat bertindak sebagai alat yang efektif untuk membangun koneksi jangka panjang dengan klien atau pelanggan. Konten niche juga dapat meningkatkan upaya SEO, memvalidasi prospek, dan membantu bisnis menonjol di antara para pesaing.

Saat membuat konten tentang topik khusus, penting untuk mengetahui audiens dan apa yang mereka cari secara online. Buat konten yang mudah dibaca, menarik, dan mendorong pembaca untuk kembali untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Jadwalkan Konsultasi Dengan 321 Web Marketing

Muncul di Google Discover adalah cara yang bagus untuk meningkatkan visibilitas halaman bisnis dan menghasilkan lebih banyak lalu lintas organik ke situs web. Dengan jutaan pengguna bulanan, bisnis akan memiliki kesempatan untuk mengeluarkan merek mereka dan berbagi informasi relevan yang berkaitan dengan industri unik mereka. Memahami cara kerja Google Discover dan hubungannya dengan SEO memainkan peran penting dalam munculnya halaman web di Discover atau tidak. Untuk bisnis yang menginginkan kesempatan berada di Google Discover, pertimbangkan untuk bekerja sama dengan biro pemasaran web yang berpengalaman. Untuk informasi lebih lanjut tentang Google Discover dan mengapa itu penting untuk SEO, hubungi profesional pemasaran web di 321 Web Marketing hari ini. Jika anda ingin mendapatkan Informasi Seputar Teknologi dan Industri Silahkan Mengunjungi Website Alwepo.com

Posting Komentar

0 Komentar

-------- MASUKAN KODE IKLAN 1 --------
-------- MASUKAN KODE IKLAN 2 --------
-------- MASUKAN KODE IKLAN 3 --------